Friday, May 11, 2007

STRATEGI PERUSAHAAN KECIL DAN MENENGAH ( UKM )

STRATEGI PERUSAHAAN KECIL DAN MENENGAH ( UKM )
DENGAN MENGGUNAKAN ICT UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN DAN MENDAPATKAN PELUANG EKSPOR DAN
PELUANG BISNIS LAINNYA

Keberadaan UKM sebagai salah satu sektor penggerak ekonomi yang terbukti dapat bertahan menghadapi krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1998. Sektor UKM memberikan kontribusi cukup besar dalam menggerakkan roda ekonomi hal ini dapat dilihat bahwa pertumbuhan PDB UKM lebih tinggi dibandingkan sumbangan pertumbuhan Usaha Besar. Pada tahun 2003 dari 4,61 persen pertumbuhan PDB nasional secara total, 2,69 persen berasal dari pertumbuhan UKM. Kemudian, pada tahun 2004 dari 4,86 persen pertumbuhan PDB nasional secara total, meningkat menjadi 2,85 persen berasal dari pertumbuhan UKM. Jumlah unit usaha UKM pada tahun 2004 adalah sebesar 43,22 juta naik 1,61 persen terhadap tahun sebelumnya, sementara jumlah tenaga kerja yang bekerja di sektor UKM pada tahun yang sama sebesar 79,06 juta pekerja yaitu hampir 87 % angkatan kerja diserap oleh UKM. Peranan ekspor UKM terhadap ekspor non migas tercatat 19,94 persen di tahun 2004 sehingga UKM juga cukup memberikan kontribusi penting dalam ekspor dan perdagangan dan juga penyediaan lapangan pekerjaan.

a. Upaya Mendorong Pengembangan UKM

Dalam menghadapi mekanisme pasar yang makin terbuka dan kompetitif, penguasaan pasar merupakan prasyarat untuk meningkatkan daya saing UKM. Salah satu kunci keberhasilan usaha UKM adalah adalah tersedianya pasar dan pemasaran yang jelas bagi produk UKM. Peran pemerintah diperlukan dalam mendorong keberhasilan UKM untuk memperluas pasar dan pemasaran bagi produk UKM, perlindungan usaha bagi UKM, dukungan kemudahan-kemudahan untuk mengakses informasi usaha, melaksanakan promosi, pengembangan jaringan usaha, pencadangan lokasi usaha dan perlindungan dari persaingan yang tidak sehat. Sejalan dengan itu. pemberdayaan UKM dibidang promosi dan pemasaran diarahkan untuk tujuan : meningkatkan kesadaran, pemahaman dan ketrampilan UKM dalam aspek pemasaran, meningkatkan daya saing dan daya kompatabilitas produk UKM, serta mengembangkan infrastruktur pemasaran sehingga proses pemasaran produk UKM terjamin, mudah, cepat dan murah. Beberapa sarana infrastruktur yang ditawarkan yang dibuat khusus dengan harga yang dapat dijangkau oleh UKM, adalah sebagai berikut :

a) IBM

Menggarap segmen usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia melalui penawaran peranti keras, peranti lunak dan layanan yang disebut Portfolio Express dengan price-concerned. Perusahaan tersebut memaketkan penawarannya sehingga mudah diterapkan UKM dan harganya terjangkau.

b) Apec Digital Opportunity Center (ADOC)

Menghibahkan sarana promosi produk usaha kecil menengah kepada Trading Board Kemenkop dan UKM, berupa 16 unit komputer dan kamera digital.
ADOC juga melakukan transfer pengetahuan bagi pengusaha kecil di Indonesia agar bisa mengikuti perkembangan dan aktivitas Trading Board, lembaga yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2006.

c) Indosat Mega Media (IndosatM2) dan PT. Microsoft Indonesia

- Penandatanganan nota kesepakatan kerjasama (Memorandum of Understanding-MoU) untuk menyediakan sarana ICT (Information Communication Technology - teknologi komunikasi dan informasi) dalam Program Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

d) Cisco

Cisco memperkuat lini solusi unified communication untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) dengan peluncuran paket Smart Business Communications System. Peluncuran ini mempertegas komitmen Cisco menyediakan solusi khusus bagi kalangan UKM dengan banyak kemudahan. Solusi ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan UKM akan penyederhanaan, penyingkatan waktu sekaligus fleksibilitas instalasi. Dengan sederet kemudahan tersebut, pengguna kelas UKM masih dapat memperoleh manfaat dari peningkatan produktifitas dan efisiensi komunikasi.

e) HP

HP mengumumkan kehadiran server , anggota terbaru dari jajaran server x86 yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan Sektor Komersial khususnya di bidang TI yang semakin berkembang serta tuntutan efisiensi biaya dalam mendukung optimasi hasil usaha mereka. Server HP ProLiant ML115 yang dikembangkan di Asia ini adalah solusi komputasi entry-level dengan harga terjangkau yang pembuatannya mengacu kepada kebutuhan bisnis Sektor Komersial. Diperkuat dengan prosesor berteknologi DDR2 inti-ganda AMD Opteron™ 1000 series Generasi Kedua atau prosesor inti tunggal AMD Athlon™ 64 3500+, HP ProLiant ML115 dihadirkan seharga server desktop. Server ini ideal untuk jaringan, penyimpanan dan pencetakan, akses Internet yang terbagi-bagi, email skala kecil dan infrastruktur LAN. HP memadukan kepercayaan dan desain unggulan yang telah teruji dalam teknologi server standar industri ProLiant dan diperkuat dengan prosesor AMD .Generasi Kedua. Paduan ini menjadikan server ini sederhana, andal dan terjangkau bagi pelaku usaha Sektor Komersial,” ujar Tony Parkinson, vice-president dan general manager, Industry Standard Servers, HP Asia-Pasifik. “HP ProLiant ML115 merupakan server seharga server desktop yang berguna untuk meningkatkan kualitas jaringan, efisiensi bisnis, dan melindungi email serta file-file perusahaan.”

Kegiatan lain yang berhubungan dengan program Pemberdayaan UKM sebelumnya juga telah dilakukan :

- Penandatanganan kerjasama antara Kementrian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dengan PT Jababeka Tbk. untuk memberikan manfaat kepada UKM dengan penyelenggaraan pelatihan-pelatihan berbasis e-UKM selama 1 tahun dan bertahap di President University. Program pemberdayaan di bidang promosi dan pemasaran yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2005 dititik beratkan pada peningkatan kualitas produk, peningkatan kemampuan dan keterampilan pemasaran, mengembangkan aktivitas promosi yang terintegrasi, mengembangkan aktivitas publisitas serta mengembangkan kerjasama internasional. Program tersebut dilakukan melalui kegiatan pameran produk dan dagang di dalam dan luar negeri, misi dagang serta pengembangan trading board guna memfasilitasi promosi UKM dan perdagangan/komunikasi bisnis KUKM.

- Government Strategy on Foreign Investment and on The World Oil Crisis yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Dr.Susilo Bambang Yudhoyono serta sekitar 1000 pengusaha skala besar dan UKM dari Kawasan Industri Jababeka.

Dalam tahap pertama kerjasama ini, komunitas UKM di Kawasan Industri Jababeka akan mendapatkan layanan mudah dengan harga yang relatif terjangkau untuk fungsi-fungsi dasar komputasi (email, portal dan training) dan memberikan biaya yang terjangkau untuk premier support. IndosatM2 sebagai mitra industri komunitas UKM akan memberikan kontribusi dengan menyediakan infrastruktur bandwith internet untuk Program Pemberdayaan UKM tersebut.

Program ini merupakan salah satu bentuk komitmen jangka panjang Microsoft untuk mendukung perkembangan UKM di Indonesia dan meningkatkan daya saingnya melalui pemanfaatan teknologi dan informasi. Microsoft akan memberikan dukungan dan menyediakan teknologi yang dapat membantu para UKM meningkatkan potensinya sehingga dapat mendorong perekonomian lokal di Indonesia.

Kerjasama ini akan dikembangkan lebih lanjut pada tahun-tahun berikutnya. Setelah penyediaan layanan email, portal dan training di tahun 2005 ini, kegiatan pemanfaatan teknologi untuk pemberdayaan UKM akan dilanjutkan dengan dukungan implementasi aplikasi Customer Relationship Management (CRM), video conference dan support center serta Human Resource bagi UKM pada tahun 2006. Pada tahun 2008 mendatang, akan diimplementasikan layanan untuk aplikasi akutansi dan Enterprise Resource Planning (ERP).

- STIC (Sustainable Trade and Innovation Center)

Sebuah organisasi non profit nirlaba independent yang didirikan – pada bulan September 2002 di Johannesburg- untuk menjembatani dialog antara supplier dari negara-negara berkembang dengan pembeli dari negara-negara maju, termasuk negara Uni Eropa. Kantor pusat STIC Internasional berlokasi di Genewa, Swiss dan memiliki cabang-cabang yang telah dan akan dibentuk diseluruh belahan dunia dimana Indonesia merupakan cabang berikutnya dan pertama di ASEAN. Organisasi merupakan hasil kerjasama antara Pusat Pengembangan Usaha Kecil Menengah Indonesia (CD-SMEs dengan European Partner for Environment (EPE-Belgia) dan Uni Eropa dalam bentuk Pusat Perdagangan Berkelanjutan dan Inovasi Indonesia. Organisasi ini merupakan jawaban bagi pengusaha Indonesia dalam menghadapi desakan globalisasi dan pasar dunia terutama pasar Eropa.

b. Pemanfaatan ICT dalam meraih peluang usaha

Pemanfaatan teknologi informasi sangat penting bagi pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia. Hal ini sudah menjadi keharusan apabila tidak ingin ketinggalan dalam merebut pasar dan peluang bisnis. Bentuk dari pemanfaatan ICT untuk meningkatkan daya saing Usaha Kecil Menengah dalam meraih peluang usaha antara lain sebagai berikut :

1. Centre for Development of Small and Medium Enterprises (CD-SMEs) Kadin Indonesia dan SME-Center

Pendirian CD-SMEs Kadin Indonesia awalnya didasari atas deklarasi yang disepakati pada pertemuan negara-negara G 15 di New Delhi, India dimana pembentukan SMEs Center merupakan keharusan bagi seluruh anggota untuk dilaksanakan. Pada KTT G 15 di Jakarta, Indonesia telah ditunjuk sebagai koordinator dalam bidang perdagangan antar anggota dengan memanfaatkan e-commerce (internet). CD-SMEs menyelenggarakan sistem informasi jaringan pasar global secara interaktif, mudah, serta murah bagi pengusaha kecil, menengah, dan koperasi (Firman, 2004).

Sementara itu SME Center didirikan sebagai pusat informasi, akses pasar domestik maupun luar negeri, akses modal berupa pinjaman maupun penyertaan, pengembangan sumber daya manusia, sertifikasi mutu, administrasi keuangan, studi kelayakan, asuransi berupa jaminan atas pinjaman maupun asuransi atas ekspor maupun akses tulisan-tulisan yang bersifat praktis maupun semi ilmiah untuk pengembangan UKM, infrastruktur serta sebagai pusat pendidikan virtual dengan memanfaatkan jaringan komunikasi dan informasi yang menjadi jalinan titik singgah / simpul dari jalinan bisnis lokal menuju jalinan bisnis internasional melalui simpul-simpul lain disetiap negara.

Dalam pelaksanaan pemberdayaan dan dan pengembangan UKM di Indonesia, telah disepakati oleh 3 (tiga) instansi yaitu CD-SMEs Kadin Indonesia, PT. Telkom Indonesia Tbk., dan PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan membentuk 9 SME-Center di sembilan daerah sebagai proyek percontohan (Padang, Jakarta, Cirebon, Yogyakarta, Jepara, Sidoarjo, Denpasar, Makassar, dan Balikpapan ) dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam bentuk internet dengan portal www.sme-center.com, Produk-produk mereka bisa terpampang dan buyer yang berminat bisa melakukan transaksi.

Melalui SME Center akan terbentuk jalinan simpul dan titik-tolak transit dari perusahaan lokal menuju kerjasama usaha dengan perusahaan regional melalui nodes di negara-negara G-15. Dengan cara seperti ini, hambatan akses pasar, modal, manajemen, serta teknologi bisa terjawab melalui jaringan sistem informasi dan e-commerce. National CD-SMEs :

- Menyediakan metodologi dalam kegiatan operasi dan pemasaran SME-Center (franchising);

- Menyediakan advokasi dan solusi total kepada SME-Center untuk melayani UKM:

- Menjalin kerjasama pemasaran terpadu menuju pasar global, melakukan koordinasi dan kerjasama dengan Instansi Pemerintah, BUMN, BUMS, Perguruan Tinggi dan LSM di tingkat pusat maupun daerah;

- Menyelenggarakan pendidikan, pelatihan dan pendampingan melalui sistem internet (maya) untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia UKM.

2) Small and Medium Enterprise Development Institute (SMEDI)

Merupakan lembaga di bawah CD-SMEs Kadin Indonesia dengan bantuan pemerintah Republik Korea menyelenggarakan penelitian, pendidikan serta pelatihan dan tugas dukungan lainnya bagi UKM di Indonesia melalui jaringan internet (online) maupun pendidikan dan pelatihan dengan tatap muka (offline).

3) Sembilan P3-UKM (Pusat Pelayanan dan Pengembangan UKM)

Merupakan lembaga yang didirikan atas dukungan kerjasama dengan BRI, Bank Mandiri, Kadin Indonesia, Telkom, Pos Indonesia, CCL, dan Sucofindo, lembaga ini menyediakan layanan terpadu bagi UKM untuk akses pada informasi pasar, standarisasi, perbankan, teknologi dan manajemen melalui simpul pelayanan terpadu dan komprehensif. Dengan demikian UKM dapat memanfaatkan jasa layanan yang akan diberikan baik akses pasar domestik maupun internasional, sumber pembiayaan, pelatihan dan sertifikasi mutu melalui informasi dan e-commerce. P3-UKM ini akan ditunjang dengan fasilitas jaringan telekomunikasi backbone transmisi gelombang mikro digital (DGM) trans Sumatera, Cross Kalimantan dan Nusa Tenggara serta Jaringan Rural di Jatim, dan Sulawesi .

c. Kesimpulan

Dalam usahanya pemberdayaan UKM untuk dapat bersaing di dalam dunia bisnis global, teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi faktor atau sumber daya penting yang harus dimiliki di samping sumber daya lain semacam manusia, finansial, mesin, material, dan metodologi.

Dengan penerapan TIK dalam pengembangan usaha UKM maka akan terciptanya kerjasama bisnis dan meluasnya peluang pasar ekspor produk UKM, terfasilitasinya promosi produk UKM di zona-zona perdagangan serta memfasilitasi terciptanya kontak bisnis dan kemitraan UKM dengan pelaku bisnis baik dalam negeri maupun luar negeri sehingga terbuka peluang eksport dan bisnis yang akan menumbuhkembangkan UKM sebagai sektor perekonomian yang handal.



Referensi UKM

1. Asia Highlights - eBizzAsia Januari-Februari 2006

Belum lama ini pemerintah Filipina mengungkapkan sebuah cetak biru ICT berisi ... penggunaan ICT di kalangan perusahaan mikro, kecil dan menengah (UKM). ...
www.ebizzasia.com/0432-2006/asia,0432.htm

2. Kementerian Negara Riset dan Teknologi ::.

Pasalnya, jelas dia, tingkat kredit macet sektor UKM dalam mengembalikan hutang ... guna memfasilitasi unit-unit UKM mengakses TI pihaknya mendirikan warung ...
www.ristek.go.id/index.php?mod=News&conf=v&id=435 - 48k

3. Kementerian Negara Riset dan Teknologi ::.

TATP Setujui 136 Proposal Proyek TI UKM. Senin,04 Februari 2002 10:01 ... Program bantuan TATP merupakan salah satu inisiatif Bank Dunia dalam membantu ...
www.ristek.go.id/index.php?mod=News&conf=v&id=103 - 38k

4. TI dan Produktivitas UKM « aufklärung

Kehadiran UKM dalam lima tahun terakhir terbukti banyak memberikan ... Sekalipun UKM di Indonesia sekarang punya keinginan kuat memanfaatkan TI untuk ...
aufklarung.wordpress.com/2004/07/08/ti-dan-produktivitas-ukm-2/ - 22k

5. Digital & Business Management aufklrung

Sebagai pengendali lalu lintas data dan informasi perusahaan, tim TI juga memikul ... Kehadiran UKM dalam lima tahun terakhir terbukti banyak memberikan ...
aufklarung.wordpress.com/tag/topics/digital-business-management/ - 23k

6. lkhtnet | LKHT-FHUI

Bukankah mungkin melibatkan UKM dalam e-business hanya sekedar alasan populis untuk ... Semoga dalam menyikapi isu Teknologi Informasi—dengan sikap berani ...
www.lkht.net/artikel_lengkap.php?id=21 - 19k

8. Teknologi Informasi

CD-SMEs Kadin Indonesia dalam UKM Indonesia Exhibition CD-SMEs Kadin Indonesia (06/07/2004), PT. UKM Indonesia bekerja sama dengan Kadin Indonesia menggelar ...
www.sme-center.com/sme/berita/?Berita=040607122109&Kategori=8 - 24k

9. Teknologi Informasi

"TI diambil dari majalah ebizzasia Volume I Nomor 08 - Juni 2003 ... CD-SMEs Kadin Indonesia dalam UKM Indonesia Exhibition ...
www.sme-center.com/sme/berita/?Berita=042801075805&Kategori=8 - 30k

10. Menunggu Super Kaya Melirik UKM TI? direktif

Jika kita memang tertinggal lagi di sektor TI , di bagian mana? ... Kelemahan lain UKM IT adalah dalam mempersiapkan rencana bisnis yang bisa menarik ...
direktif.web.id/arc/2006/10/super-kaya –

11. Inkubator Bisnis diPolmandirektif

Inkubator di Polman menjadi mediator bagian-bagian di dalam perguruan tinggi ... Ironisnya perjalan UKM kita saya tidak melihat seperti bayi di atas yang ...
direktif.web.id/arc/2006/12/inkubator

12. UPPTI - UB

Ikut membantu Industri Kecil Menengah dan Usaha Kecil Menengah (IKM/UKM) dalam peningkatan kualitas usaha dengan pemanfaatan TI. ...
uppti.brawijaya.ac.id/ct.php?lang=id&load=01&set=renstra - 25k

13. ukm_header

Sistim pelayanan UKM/IKM akan didukung oleh aparat kantor-kantor kecamatan ... Pentingnya memanfaatkan teknologi informasi dalam mendukung keberhasilan ...
ukm.pempropsu.go.id/new/about.php - 19k

14. Welcome to eBizzAsia magazine

Berapa banyak perusahaan yang telah menerapkan TI dan eBusiness? Bagaimana dengan UKM? Bagaimana peran TI dalam pengembangan usaha di Indonesia? ...
www.ebizzasia.com/0107-2003/q&a,0107.htm - 34k

15. Welcome to eBizzAsia magazine

Keuangan tetap menjadi bagian yang paling tinggi dalam penerapan TI dalam suatu ... Berkaitan dengan penggunaan Internet oleh kalangan UKM, ada peningkatan ...
www.ebizzasia.com/0103-2002/asia,0103.htm - 20k

16. warung informasi teknologi warintek

Peningkatan kemajuan sumberdaya manusia dalam teknologi informasi di daerah. ... Terciptanya UKM baru dan pengembangan UKM yang ada berdasarkan interaksi ...
www.warintek.ristek.go.id/profil.htm - 24k -

17. Digital Kreasi - IT Solution Provider

Saya sampai saat ini, sebagai praktisi dibidang Teknologi Informasi kami terus menantikan mitra yang dapat bekerjasama dalam mengkoordinir UKM yang bergerak ...
www.dk.co.id/new/index.php?id=29&page=PaperDetil - 43k –

18. Tentang CD-SMEs Kadin Indonesia

Dalam pelaksanaan pemberdayaan dan pengembangan UKM di Indonesia, ... Balikpapan dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam bentuk internet dengan portal ...
www.cdsmes.or.id/pendahuluan.html - 20k

19. Departemen Dalam Negeri - Republik Indonesia

Pemda Bandung dinilai lebih siap membiayai pusat teknologi informasi UKM yang ... Dalam jangka panjang, pusat teknologi informasi ini juga akan menjadi ...
www.depdagri.go.id/konten.php?nama=Berita&op=detail_berita&id=152 - 62k

22. Tentang Sajadah.Net

Menjembatani UKM dan Koperasi dalam memperluas pasar melalui peningkatan pemanfaatan teknologi informasi internet. Menyokong dan Memperkokoh fundamental
www.sajadah.net/about.php - 14k -

23. Mengenal E-Commerce

berbagai keuntungan dari aplikasi TI oleh kalangan UKM. Dibandingkan tahun sebelumnya, ada peningkatan dalam persentase responden yang ...
nofieiman.com/repository/mengenal-e-commerce.pdf

24. IntikaMedia.Com ::. News & Articles ::.

Menurut Bido A.Budiman dari ifc.org, penggunaan internet sebagai media teknologi informasi dalam menunjang UKM bisa dijabarkan menjadi beberapa poin seperti ...
www.intikamedia.com/details_artikel.php?roel=4b18c2c8d61c3803dedde90fca3d2074&idartikel=17 - 16k

25. Bagian Universitas - Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Hal ini menjadikan beberapa mahasiswa yang tergabung dalam UKM ini sering dipercaya ... Soeharto (1996/TS); Heri Hermawan (1996/TI); Ong Wei Lina (1998/TI) ...
www.uajy.ac.id/ukm_2_2.asp - 13k

26. .:: Situs Resmi Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan ...

Layak itu berarti UKM yang inovatif dan usahanya berdampak besar bagi perkembangan Teknologi Informasi nasional atau mengurangi impor software dalam negeri, ...
www.menkokesra.go.id/content/view/2776/39/ - 30k

27. ::: Ucapan Selamat Ulang Tahun :::

dari perusahaan Indonesia dalam penggunaan TI dengan baik dan memberi impact-nya terhadap fokus perusahaan. Apalagi bila perusahaan tersebut adalah UKM dan ...
www.majalaheindonesia.com/ucapan_slmt_ultah_5.htm - 20k

28. Seminar IT Governance

Bandung, Divisi Web Administrasi – Universitas Kristen Maranatha (UKM) pada hari ... teknologi informasi dalam bentuk seminar yang berjudul IT Governance”. ...
www.maranatha.edu/LinkClick.aspx?link=2010&tabid=36&mid=1571 –

29. MYBIT

MYBIT yang merupakan acara dari fakultas teknologi informasi di UKM, ... Rangkaian acara yang ada dalam MYBIT dimulai dari pukul 10.00-17.00 diawali dengan ...
www.maranatha.edu/LinkClick.aspx?link=2009&tabid=36&mid=1571 - 43k

30. Swa.co.id > Swa Majalah > Tren & Analisis Peristiwa

Kehadiran UKM dalam lima tahun terakhir terbukti banyak memberikan kontribusi ... dengan sebenarnya titik persoalan produktivitas yang dikaitkan dengan TI. ...
swa.co.id/swamajalah/tren/details.php?cid=1&id=647 - 74k –

31. Swa.co.id > Swa digital > Manajemen TI

... Business One yang merupakan solusi SAP untuk UKM guna meningkatkan efisiensi dan ... Dalam suasana euforia TI dewasa ini, memang tidak salah jika banyak ...
www.swa.co.id/primer/swadigital/manajementi/index.php - 76k - 6 Mar 2007

32. PT Metrodata Electronics, Tbk.

UKM dituntut untuk tetap tumbuh dan bertahan dalam berbagai kondisi ekonomi. Penerapan teknologi TI dan jaringan data menjadi salah satu alternatif pilihan ...
www.metrodata.co.id/news/shownews.asp?id=483&cat=1 - 47k

33. PT Metrodata Electronics, Tbk.

Hal ini pasti sangat terasa dibidang TI. METRODATA Solution Day menawarkan kesempatan kepada para pengguna, pelaku bisnis dan profesional TI untuk dalam ...
www.metrodata.co.id/news/shownews.asp?id=395&cat=1 - 50k

34. Warintek Perpustakaan Unibraw Malang

Peningkatan kemajuan sumberdaya manusia dalam teknologi informasi di daerah. ... teknologi informasi untuk tujuan pendidikan dan pengembangan UKM. ...
digilib.brawijaya.ac.id/virtual_library/mlg_warintek/warintek.htm - 16k –

35. Website :: Radio Republik Indonesia

Layak itu berarti UKM yang inovatif dan usahanya berdampak besar bagi perkembangan teknologi informasi nasional atau mengurangi impor software dalam negeri, ...
www.rri-online.com/modules.php?name=Artikel&sid=25149 - 87k

36.Tulisan Mengenai Penanggulangan Korupsi

Teknologi Informasi dalam Penciptaan Masyarakat Indonesia yang Transparan ... dengan investasi yang tidak terlalu besar (Usaha Kecil Menengah) dapat memulai ...
www.transparansi.or.id/artikel/artikel_pk/artikel_06.html - 53k -

37. [relasimania] Seminar Nasional "Pemanfaatan Teknologi Informasi ...

Finnet) >Dr.Ir.Husein Sastramihardja, M.T. *) (Praktisi Teknologi Informasi ITB) Dalam acara ini juga akan diadakan peluncuran portal UKM oleh Sampoerna ...
www.mail-archive.com/relasimania@yahoogroups.com/msg01159.html - 7k

38. Bisnis Indonesia Web

Ekonomi Thailand pada triwulan IV tumbuh pada level terendah hampir dalam dua tahun terakhir. 06/03/2007 10:34WIB. Iran diberi waktu 60 hari stop pengayaan ...
www.bisnis.com/pls/portal30/url/page/bisnis_indonesia_web - 62k - 5 Mar 2007

39. Unit Kesenian Minangkabau - Profil UKM

Hendra Bahar (TI '76) 4. Rinna Novita M. Z. (FA '76) ... Pada saat ini UKM ITB berkedudukan di Aula Timur ITB, namun dalam waktu dekat sesuai dengan ...
ukm.unit.itb.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=1&Itemid=2 - 18k –

40. indonesia go open source kementerian riset dan teknologi republik ...

Tumbuhnya kesadaran untuk meraih kemandirian dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology-ICT), ...
www.igos.web.id/kegiatan/open_house/open_house.html - 37k

41.January 28, 2007 Perum Sarana, Sarana Menuju Sukses... BERITA ...

JAKARTA -- BUMN yang mengandalkan teknologi informasi (TI) dalam operasionalnya ... badan usaha kepada Kadin karena dinilai sangat mem-beratkan pelaku UKM. ...
members.bumn-ri.com/sarana/news.html - 14k

42. ICT Watch (roadshow)

Beberapa kendala perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia ... UKM yang telah menggunakan e-mail untuk melakukan kontak pertama dalam ...
ictwatch.com/roadshow/index.htm - 20k

Komoditas Dihindari, Layanan Didekati - Kamis, 21 Desember 2006

Tantangan dari UKM adalah tidak mempunyai TI, modal terbatas, dan memerlukan satu solusi untuk diterapkan dalam waktu yang cepat," ujar Betti. ...
www.kompas.com/kompas-cetak/0612/21/tekno/3189631.htm - 43k

Ekspor Sektor UKM Makin Terseok-seok

Tidak ada pendampingan lebih lanjut kepada UKM,” tukas Firman. Keterbatasan dalam penguasaan teknologi informasi (TI) ikut menjadi faktor yang merintangi ...
www.sinarharapan.co.id/ekonomi/usaha/2003/1206/ukm1.html - 30k

IBM Tawarkan Jasa Baru buat UKM

Industri UKM terlihat nyata menjadi salah satu faktor pendukung utama dalam perkembangan ekonomi di Indonesia, sehingga membutuhkan solusi yang ...
www.sinarharapan.co.id/ekonomi/promarketing/2004/1009/prom4.html - 21k -

Universitas Gunadarma

Pengisian Web meliputi pemanfaatan fitur-fitur portal UKM yang telah disiapkan oleh Tim ... pemanfaatan teknologi informasi dalam pengembangan usaha kecil. ...
www.gunadarma.ac.id/main2.php?fd=news&m=ce_id9 - 21k

SDA Asia Online :: Indonesia

Organisasi-organisasi terus berinvestasi dalam teknologi dan akan terjadi sebuah perpindahan tetap dalam manajemen. Pengguna-pengguna TI terus mengawasi ROI ...
www.sda-indo.com/sda/article/psecom,id,143,_page,2,nodeid,1,_language,Indonesia.html - 31k

UKM Sebagai Penggerak Ekonomi

Contohnya, karakter UMKM masih ada yang buruk dalam memandang pengembalian ... Selain itu juga, perlu adanya dukungan teknologi informasi (TI) yang memadai. ...
www.pikiran-rakyat.com/cetak/2006/112006/06/11lapsus01.htm - 24k

Sekilas Daerah - Harian Umum Pikiran Rakyat - Edisi Online

TASIKMALAYA - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tasikmalaya, Rabu (10/1) menjajaki penggunaan teknologi informasi (TI) dalam proses perhitungan suara ...
www.pikiran-rakyat.com/cetak/2007/012007/11/99sekilasdaerah.htm - 23k

Yayan Sopyan's Official Website - Halusinasi Sistem Informasi (Pemilu)

E-Learning. E-Commerce. E-Govt. Internet untuk UKM ... TI dalam sistem informasi KPU tidak punya andil besar dalam Pemilu 2004. ...
www.yayan.com/artikel/cyber_culture/halusinasi_sistem_informasi_pemilu.html - 25k -

PePP Website: 'TI Untuk UKM Butuh Infrastruktur yang Tepat'

Penggunaan teknologi informasi di Indonesia oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ... dalam negeri dan luar negeri untuk memperlancar penggunaan TI bagi UKM. ...
ict4pr.bappenas.go.id/sections/pepp/news/ti-untuk-ukm-butuh

Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 ...

Dalam hal usaha kecil dan menengah (UKM), pada umumnya keterampilan yang dimiliki pengusaha ... UKM perlu menggunakan strategi pengelolaan pengetahuan untuk ...
www.ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2006/09/bse-kmitb.pdf -

Keamanan Sistem Informasi untuk Perusahaan Kecil dan Menengah

Pasar untuk Penyediaan BDS Komersil bagi Usaha Kecil dan Menengah ... Dengan menggunakan PC milik perusahaan. difasilitasi untuk menulis dan mengedit ...
bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/MTI-Keamanan-Sistem-Informasi/2005/106/106-5-tabloidx.pdf –

Bob Julius Onggo : Strategic Thinking

7 Cara Membuat UKM Kecil terlihat BESAR. Internet memungkinkan perusahaan kecil terlihat besar dan perusahaan besar terlihat kecil, bahkan apabila Anda ...
bjoconsulting.blogs.com/bjo/strategic_thinking/index.html - 123k

Asia Highlights - eBizzAsia Januari-Februari 2006

Belum lama ini pemerintah Filipina mengungkapkan sebuah cetak biru ICT berisi ... penggunaan ICT di kalangan perusahaan mikro, kecil dan menengah (UKM). ...
www.ebizzasia.com/0432-2006/asia,0432.htm

Kementerian Negara Riset dan Teknologi ::.

Pasalnya, jelas dia, tingkat kredit macet sektor UKM dalam mengembalikan hutang ... guna memfasilitasi unit-unit UKM mengakses TI pihaknya mendirikan warung ...
www.ristek.go.id/index.php?mod=News&conf=v&id=435 - 48k

Kementerian Negara Riset dan Teknologi ::.

TATP Setujui 136 Proposal Proyek TI UKM. Senin,04 Februari 2002 10:01 ... Program bantuan TATP merupakan salah satu inisiatif Bank Dunia dalam membantu ...
www.ristek.go.id/index.php?mod=News&conf=v&id=103 - 38k

TI dan Produktivitas UKM « aufklärung

Kehadiran UKM dalam lima tahun terakhir terbukti banyak memberikan ... Sekalipun UKM di Indonesia sekarang punya keinginan kuat memanfaatkan TI untuk ...
aufklarung.wordpress.com/2004/07/08/ti-dan-produktivitas-ukm-2/ - 22k

Digital & Business Management « aufklärung

Sebagai pengendali lalu lintas data dan informasi perusahaan, tim TI juga memikul ... Kehadiran UKM dalam lima tahun terakhir terbukti banyak memberikan ...
aufklarung.wordpress.com/tag/topics/digital-business-management/ - 23k

lkhtnet | LKHT-FHUI

Bukankah mungkin melibatkan UKM dalam e-business hanya sekedar alasan populis untuk ... Semoga dalam menyikapi isu Teknologi Informasi—dengan sikap berani ...
www.lkht.net/artikel_lengkap.php?id=21 - 19k

ANTARA News :: Telaah -- "Road Map" Kebijakan Ekonomi Pro-UKM

Telaah -- "Road Map" Kebijakan Ekonomi Pro-UKM, Koperasi dan Pasar ... serta kompetensi dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam mendukung operasi ...
www.antara.co.id/arc/2007/2/9/telaah__road_map_kebijakan_ekonomi_pro_ukm_koperasi_dan_pasar/ - 20k

Teknologi Informasi

CD-SMEs Kadin Indonesia dalam UKM Indonesia Exhibition CD-SMEs Kadin Indonesia (06/07/2004), PT. UKM Indonesia bekerja sama dengan Kadin Indonesia menggelar ...
www.sme-center.com/sme/berita/?Berita=040607122109&Kategori=8 - 24k

Teknologi Informasi

"TI diambil dari majalah ebizzasia Volume I Nomor 08 - Juni 2003 ... CD-SMEs Kadin Indonesia dalam UKM Indonesia Exhibition ...
www.sme-center.com/sme/berita/?Berita=042801075805&Kategori=8 - 30k

Menunggu Super Kaya Melirik UKM TI? • #direktif

Jika kita memang tertinggal lagi di sektor TI , di bagian mana? ... Kelemahan lain UKM IT adalah dalam mempersiapkan rencana bisnis yang bisa menarik ...
direktif.web.id/arc/2006/10/super-kaya –

Inkubator Bisnis di Polman” • #direktif

Inkubator di Polman menjadi mediator bagian-bagian di dalam perguruan tinggi ... Ironisnya perjalan UKM kita saya tidak melihat seperti bayi di atas yang ...
direktif.web.id/arc/2006/12/inkubator

UPPTI - UB

Ikut membantu Industri Kecil Menengah dan Usaha Kecil Menengah (IKM/UKM) dalam peningkatan kualitas usaha dengan pemanfaatan TI. ...
uppti.brawijaya.ac.id/ct.php?lang=id&load=01&set=renstra - 25k

ukm_header

Sistim pelayanan UKM/IKM akan didukung oleh aparat kantor-kantor kecamatan ... Pentingnya memanfaatkan teknologi informasi dalam mendukung keberhasilan ...
ukm.pempropsu.go.id/new/about.php - 19k –

Welcome to eBizzAsia magazine

Berapa banyak perusahaan yang telah menerapkan TI dan eBusiness? Bagaimana dengan UKM? Bagaimana peran TI dalam pengembangan usaha di Indonesia? ...
www.ebizzasia.com/0107-2003/q&a,0107.htm - 34k –

Welcome to eBizzAsia magazine

Keuangan tetap menjadi bagian yang paling tinggi dalam penerapan TI dalam suatu ... Berkaitan dengan penggunaan Internet oleh kalangan UKM, ada peningkatan ...
www.ebizzasia.com/0103-2002/asia,0103.htm - 20k –

warung informasi teknologi warintek

Peningkatan kemajuan sumberdaya manusia dalam teknologi informasi di daerah. ... Terciptanya UKM baru dan pengembangan UKM yang ada berdasarkan interaksi ...
www.warintek.ristek.go.id/profil.htm - 24k -

Digital Kreasi - IT Solution Provider

Saya sampai saat ini, sebagai praktisi dibidang Teknologi Informasi kami terus menantikan mitra yang dapat bekerjasama dalam mengkoordinir UKM yang bergerak ...
www.dk.co.id/new/index.php?id=29&page=PaperDetil - 43k –

Tentang CD-SMEs Kadin Indonesia

Dalam pelaksanaan pemberdayaan dan pengembangan UKM di Indonesia, ... Balikpapan dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam bentuk internet dengan portal ...
www.cdsmes.or.id/pendahuluan.html - 20k

Departemen Dalam Negeri - Republik Indonesia

Pemda Bandung dinilai lebih siap membiayai pusat teknologi informasi UKM yang ... Dalam jangka panjang, pusat teknologi informasi ini juga akan menjadi ...
www.depdagri.go.id/konten.php?nama=Berita&op=detail_berita&id=152 - 62k

Tentang Sajadah.Net

Menjembatani UKM dan Koperasi dalam memperluas pasar melalui peningkatan pemanfaatan teknologi informasi internet. Menyokong dan Memperkokoh fundamental
www.sajadah.net/about.php - 14k -

Mengenal E-Commerce

berbagai keuntungan dari aplikasi TI oleh kalangan UKM. Dibandingkan tahun sebelumnya, ada peningkatan dalam persentase responden yang ...
nofieiman.com/repository/mengenal-e-commerce.pdf

IntikaMedia.Com ::. News & Articles ::.

Menurut Bido A.Budiman dari ifc.org, penggunaan internet sebagai media teknologi informasi dalam menunjang UKM bisa dijabarkan menjadi beberapa poin seperti ...
www.intikamedia.com/details_artikel.php?roel=4b18c2c8d61c3803dedde90fca3d2074&idartikel=17 - 16k

Bagian Universitas - Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Hal ini menjadikan beberapa mahasiswa yang tergabung dalam UKM ini sering dipercaya ... Soeharto (1996/TS); Heri Hermawan (1996/TI); Ong Wei Lina (1998/TI) ...
www.uajy.ac.id/ukm_2_2.asp - 13k

Situs Resmi Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan ...

Layak itu berarti UKM yang inovatif dan usahanya berdampak besar bagi perkembangan Teknologi Informasi nasional atau mengurangi impor software dalam negeri, ...
www.menkokesra.go.id/content/view/2776/39/ - 30k

Swa.co.id > Swa Majalah > Tren & Analisis Peristiwa

Kehadiran UKM dalam lima tahun terakhir terbukti banyak memberikan kontribusi ... dengan sebenarnya titik persoalan produktivitas yang dikaitkan dengan TI. ...
swa.co.id/swamajalah/tren/details.php?cid=1&id=647 - 74k –

Swa.co.id > Swa digital > Manajemen TI

... Business One yang merupakan solusi SAP untuk UKM guna meningkatkan efisiensi dan ... Dalam suasana euforia TI dewasa ini, memang tidak salah jika banyak ...
www.swa.co.id/primer/swadigital/manajementi/index.php - 76k - 6 Mar 2007

PT Metrodata Electronics, Tbk.

UKM dituntut untuk tetap tumbuh dan bertahan dalam berbagai kondisi ekonomi. Penerapan teknologi TI dan jaringan data menjadi salah satu alternatif pilihan ...
www.metrodata.co.id/news/shownews.asp?id=483&cat=1 - 47k

PT Metrodata Electronics, Tbk.

Hal ini pasti sangat terasa dibidang TI. METRODATA Solution Day menawarkan kesempatan kepada para pengguna, pelaku bisnis dan profesional TI untuk dalam ...
www.metrodata.co.id/news/shownews.asp?id=395&cat=1 - 50k

Warintek Perpustakaan Unibraw Malang

Peningkatan kemajuan sumberdaya manusia dalam teknologi informasi di daerah. ... teknologi informasi untuk tujuan pendidikan dan pengembangan UKM. ...
digilib.brawijaya.ac.id/virtual_library/mlg_warintek/warintek.htm - 16k –

Website :: Radio Republik Indonesia

Layak itu berarti UKM yang inovatif dan usahanya berdampak besar bagi perkembangan teknologi informasi nasional atau mengurangi impor software dalam negeri, ...
www.rri-online.com/modules.php?name=Artikel&sid=25149 - 87k

Tulisan Mengenai Penanggulangan Korupsi

Teknologi Informasi dalam Penciptaan Masyarakat Indonesia yang Transparan ... dengan investasi yang tidak terlalu besar (Usaha Kecil Menengah) dapat memulai ...
www.transparansi.or.id/artikel/artikel_pk/artikel_06.html - 53k -

[relasimania] Seminar Nasional "Pemanfaatan Teknologi Informasi ...

Finnet) >Dr.Ir.Husein Sastramihardja, M.T. *) (Praktisi Teknologi Informasi ITB) Dalam acara ini juga akan diadakan peluncuran portal UKM oleh Sampoerna ...
www.mail-archive.com/relasimania@yahoogroups.com/msg01159.html - 7k

Bisnis Indonesia Web

Ekonomi Thailand pada triwulan IV tumbuh pada level terendah hampir dalam dua tahun terakhir. 06/03/2007 10:34WIB. Iran diberi waktu 60 hari stop pengayaan ...
www.bisnis.com/pls/portal30/url/page/bisnis_indonesia_web - 62k - 5 Mar 2007

indonesia go open source kementerian riset dan teknologi republik ...

Tumbuhnya kesadaran untuk meraih kemandirian dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology-ICT), ...
www.igos.web.id/kegiatan/open_house/open_house.html - 37k

January 28, 2007 Perum Sarana, Sarana Menuju Sukses... BERITA ...

JAKARTA -- BUMN yang mengandalkan teknologi informasi (TI) dalam operasionalnya ... badan usaha kepada Kadin karena dinilai sangat mem-beratkan pelaku UKM. ...
members.bumn-ri.com/sarana/news.html - 14k

ICT Watch (roadshow)

Beberapa kendala perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia ... UKM yang telah menggunakan e-mail untuk melakukan kontak pertama dalam ...
ictwatch.com/roadshow/index.htm - 20k

Komoditas Dihindari, Layanan Didekati - Kamis, 21 Desember 2006

Tantangan dari UKM adalah tidak mempunyai TI, modal terbatas, dan memerlukan satu solusi untuk diterapkan dalam waktu yang cepat," ujar Betti. ...
www.kompas.com/kompas-cetak/0612/21/tekno/3189631.htm - 43k

Ekspor Sektor UKM Makin Terseok-seok

Tidak ada pendampingan lebih lanjut kepada UKM,” tukas Firman. Keterbatasan dalam penguasaan teknologi informasi (TI) ikut menjadi faktor yang merintangi ...
www.sinarharapan.co.id/ekonomi/usaha/2003/1206/ukm1.html - 30k

IBM Tawarkan Jasa Baru buat UKM

Industri UKM terlihat nyata menjadi salah satu faktor pendukung utama dalam perkembangan ekonomi di Indonesia, sehingga membutuhkan solusi yang ...
www.sinarharapan.co.id/ekonomi/promarketing/2004/1009/prom4.html - 21k -

Universitas Gunadarma

Pengisian Web meliputi pemanfaatan fitur-fitur portal UKM yang telah disiapkan oleh Tim ... pemanfaatan teknologi informasi dalam pengembangan usaha kecil. ...
www.gunadarma.ac.id/main2.php?fd=news&m=ce_id9 - 21k

SDA Asia Online :: Indonesia

Organisasi-organisasi terus berinvestasi dalam teknologi dan akan terjadi sebuah perpindahan tetap dalam manajemen. Pengguna-pengguna TI terus mengawasi ROI ...
www.sda-indo.com/sda/article/psecom,id,143,_page,2,nodeid,1,_language,Indonesia.html - 31k –

UKM Sebagai Penggerak Ekonomi

Contohnya, karakter UMKM masih ada yang buruk dalam memandang pengembalian ... Selain itu juga, perlu adanya dukungan teknologi informasi (TI) yang memadai. ...
www.pikiran-rakyat.com/cetak/2006/112006/06/11lapsus01.htm - 24k

Sekilas Daerah - Harian Umum Pikiran Rakyat - Edisi Online

TASIKMALAYA - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tasikmalaya, Rabu (10/1) menjajaki penggunaan teknologi informasi (TI) dalam proses perhitungan suara ...
www.pikiran-rakyat.com/cetak/2007/012007/11/99sekilasdaerah.htm - 23k

Yayan Sopyan's Official Website - Halusinasi Sistem Informasi (Pemilu)

E-Learning. E-Commerce. E-Govt. Internet untuk UKM ... TI dalam sistem informasi KPU tidak punya andil besar dalam Pemilu 2004. ...
www.yayan.com/artikel/cyber_culture/halusinasi_sistem_informasi_pemilu.html - 25k -

PePP Website: 'TI Untuk UKM Butuh Infrastruktur yang Tepat'

Penggunaan teknologi informasi di Indonesia oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ... dalam negeri dan luar negeri untuk memperlancar penggunaan TI bagi UKM. ...
ict4pr.bappenas.go.id/sections/pepp/news/ti-untuk-ukm-butuh –

Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 ...

Dalam hal usaha kecil dan menengah (UKM), pada umumnya keterampilan yang dimiliki pengusaha ... UKM perlu menggunakan strategi pengelolaan pengetahuan untuk ...
www.ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2006/09/bse-kmitb.pdf -

Keamanan Sistem Informasi untuk Perusahaan Kecil dan Menengah

Pasar untuk Penyediaan BDS Komersil bagi Usaha Kecil dan Menengah ... Dengan menggunakan PC milik perusahaan. difasilitasi untuk menulis dan mengedit ...
bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/MTI-Keamanan-Sistem-Informasi/2005/106/106-5-tabloidx.pdf â


[PDF]

Cover Baru IV-2001

Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat
dan perusahaan lain untuk melakukan akuisisi dalam rangka meningkatkan daya saing. Sebelumnya, pada awal bulan Maret 2002, pemerintah telah menjual obligasi ...
www.bi.go.id/NR/rdonlyres/37BCBECF-4577-4B97-B417-A58C8560364D/938/PEKKII2002.pdf -

PERKEMBANGAN EKONOMI KEUANGAN DAN KERJA SAMA INTERNASIONAL ...

Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat
ke rumah tangga dan perusahaan. skala menengah kecil. ... Penurunan daya saing tersebut telah mendorong ekspor Rusia selama periode tersebut. menurun 4,7%. ...
www.bi.go.id/NR/rdonlyres/5C8DAD8E-DA2F-43C3-B780-90028A58777F/939/PEKKIII2002.pdf -

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Sumatera Selatan 2005 - 2008

Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat
harus diganti dengan upaya untuk meningkatkan kemandirian dan daya saing ... Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah serta Sektor Informal ...
www.bappedasumsel.go.id/publikasi/Copy%20of%20rpjm/rpjm.pdf -

International PHP Magazine - Cutting-Edge Technologies for Web ...

Dell Tawarkan Storage Untuk Perusahaan Kecil dan Menengah ... 80-inti tunggal dengan menggunakan daya kurang dari yang digunakan perangkat rumah masa kini. ...
www.php-mag.net/itr/show.php3?id=111&nodeid=111&p=0 - 977k -

BAB I PENDAHULUAN

Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat
metrologi legal nasional untuk mendukung daya saing industri, dan ... jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Adapun sasaran tahun 2025 ...
www.deptan.go.id/berita/12-2006/DRN-2.pdf -

NOTA KEUANGAN

Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat
pengembangan usaha kecil dan menengah. (UKM) juga diharapkan akan dapat ... untuk: (i) mendorong peningkatan efisiensi dan daya saing industri dalam negeri; ...
www.djapk.depkeu.go.id/artikel/06-08-23,%20nk%20&%20rapbn%202007.pdf -

ge6543tug1

Usaha akan dijalankan untuk memperbaiki dan memperluaskan pendidikan ICT melalui ... akan membekalkan sekolah-sekolah rendah dan menengah dengan kemudahan ...
asnizamusa.tripod.com/ge6543tug1.html - 90k -

Teknologi Informasi Edy - Aspek-aspek internal manajemen yang ...

Kedua untuk meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan, karena para kompetitor ... Prev: Strategi perusahaan kecil dan menengah ( UKM ) menggunakan ICT ...
edyp13.multiply.com/journal/item/8 - 83k - Hasil Tambahan -

Kilasan Agregator

Perusahaan-perusahaan multinasional sering datang dengan strategi yang sudah ... Maka untuk meningkatkan daya saing nasional dibutuhkan PT yang dapat ...
agregator.kilasan.com/index.php?more=2 - 977k -

[PDF]

Untitled

Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat
utama skim ini adalah untuk membantu perusahaan kecil dan sederhana ... berasaskan getah untuk meningkat daya saing dan daya untung; menggalakkan ...
www.audit.gov.my/LA%20BBP%202005separator.pdf -

[PDF]

BADAN PEMERIKSA KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA HASIL PEMERIKSAAN ...

Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat
untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja Program Pendidikan Menengah. Dan Tinggi. ... Tinggi Sebesar Rp21.540.000,00 dilaksanakan oleh perusahaan yang ...
www.bpk.go.id/doc/hapsem/2005ii/apbd/009.pdf -

Pemerintah Propinsi DI.Yogyakarta - Pemerintah Propinsi DI.Yogyakarta

Badan Informasi Daerah Kepatihan - Dua perusahaan ternama di negera Jepang yang ... Bahkan pendirian Pusat Informasi Bisnis dan Teknologi untuk UKM, ...
www.pemda-diy.go.id/berita/topics.php?op=viewtopic&topic=1 -

Uncategorized « Republic of Shah Alam

Untuk terlibat di dalam bidang ICT, kita tidak boleh menjadi pengikut tetapi ... Apakah strategi dan faktor motivasi yang menguatkan semangat tuan dalam ...
3oh7.wordpress.com/tag/uncategorized/ - 762k -

Suara PRM

Tidak menjadi kesalahan bagi masyarakat Melayu untuk meningkatkan daya saing supaya bangsa Malaysia dan masyarakat Melayu dijadikan satu bangsa yang ...
suaraprm.blogspot.com/ - 603k -

Perpustakaan UPM # Buku Pelawat

Tolong terangkan kelemahan dan faedah menggunakan perpustakaan maya sebagai sumber untuk ... sekolah S2 dengan program beasiswa dari perusahaan Malaysia ? ...
www.lib.upm.edu.my/reen/2002.html - 635k -

Detail Find Similar | Add To Favorites | Detail in New Window ...

Detail, Find Similar | Add To Favorites | Detail in New Window, Return to search result. Stock: 5 Detail. File Digital: 0 ...
www.digilib.ui.ac.id/opac/themes/ng/detail.jsp?id=8&lokasi=12 - 3k -

IlmuKomputer.Com

Peningkatan pembangunan ekonomi untuk meningkatkan daya saing IMKM tergantung ... Dalam hal usaha kecil dan menengah (UKM), pada umumnya keterampilan yang ...
ilmukomputer.com/author/setiarso/feed/ - 35k -
[PDF]

PENGELOLAAN PENGETAHUAN (KNOWLEDGE-MANAGEMENT ) dan MODAL ...

Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat - Versi HTML
STRATEGI KM UNTUK MENINGKAT. DAYA SAING UKM. UKM perlu menggunakan strategi ... untuk. meningkatkan. kinerja. perusahaan perlu dibentuk dan dibuat sistem ...
rachdian.com/component/option,com_docman/task,doc_view/gid,55/Itemid,58/ -

1 comment:

Unknown said...

Inilah solusi terbaik untuk kebebasan finansial, jadikan tahun Anda sukses dengan mengunjungi layanan pinjaman christian morgan di mana Anda bisa mendapatkan pinjaman untuk memulai bisnis impian Anda tanpa stres dan mendapatkan pinjaman Anda disetujui dalam satu minggu .. Apakah Anda mencari pinjaman? Atau pernahkah Anda ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu dengan tingkat bunga rendah dan terjangkau sebesar 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui christianmorganloanservices@gmail.com

DATA PEMOHON:

1) Nama Lengkap:
2) Negara:
3) Alamat:
4) Negara:
5) Jenis Kelamin:
6) Status Perkawinan:
7) Pekerjaan:
8) Nomor Telepon:
9) Posisi di tempat kerja:
10) Pendapatan bulanan:
11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
12) Durasi Pinjaman:
13) Pinjaman Bunga:
14) Agama:
15) Sudahkah anda melamar dulu;
16) tanggal lahir;

Terima kasih,
Nyonya Christian