Friday, May 11, 2007

MANAJEMEN TI

ASPEK-ASPEK INTERNAL MANAJEMEN YANG HARUS DIPERHATIKAN

DALAM PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI TEKNOLOGI INFORMASI (TI) DI PERUSAHAAN

Perkembangan pasar yang bergerak menjadi sangat kompetitif dan persaingan bisnis yang semakin kompleks dan ketat telah menghadirkan tantangan baru bagi perusahaan. Kecepatan menjadi masalah yang patut diperhatikan yaitu bagaimana cara perusahaan atau organisasi untuk mendapatkan dan mengevaluasi informasi dengan segera, dan untuk kemudian menggunakan informasi tersebut untuk merespon setiap kejadian dan masalah secara cepat dan tepat pula. Karena itu kecepatan menjadi faktor penting dalam menumbuhkan nilai kompetitif suatu perusahaan atau organisasi. (salnatera.indon) Untuk mengatasi masalah tersebut, para pemimpin perusahaan sangat membutuhkan suatu solusi yang dapat membantu mereka untuk melihat gambaran bisnis mereka secara menyeluruh (komprehensif) dan real-time, dalam arti apa yang mereka lihat saat itu di laporan adalah benar-benar menggambarkan kondisi perusahaan sebenarnya saat itu juga, bukan 1 minggu yang lalu, 1 hari yang lalu, atau bahkan 1 jam yang lalu. Untuk itu peranan teknologi di sini menjadi sangat vital. Perusahaan dapat mengandalkan teknologi yang tepat untuk membantu mereka dalam meningkatkan efisiensi, mempertajam daya respons, dan pada akhirnya adalah mampu menghasilkan nilai kompetitif bagi perusahaan.

Pada beberapa tahun terakhir telah banyak perusahaan yang memanfaatkan solusi dengan teknologi informasi (TI) untuk mengoptimasi proses bisnis yang dimilikinya, dan hampir semua perusahaan menyadari besarnya peranan teknologi informasi dalam format bisnis yang dijalani. Berbagai macam proyek teknologi informasi mulai dari otomatisasi administrasi kantor (back office) untuk meningkatkan efisiensi sampai dengan pengembangan sistem front office yang bersifat strategis dikembangkan secara simultan dalam portfolio manajemen

Proses perencanaan dan pengembangan suatu sistem informasi dimulai dengan menganalisa kebutuhan bisnis atau manajemen perusahaan (Business Requirements Analysis) dengan tujuan untuk mengetahui posisi atau peranan teknologi informasi yang sesuai dengan perusahaan yang bersangkutan. Hal ini perlu diperhatikan mengingat bahwa teknologi informasi memiliki peranan yang unik untuk masing-masing perusahaan. Untuk retail banking misalnya, peranan teknologi informasi yang dikembangkan biasanya bertujuan untuk menjaring pelanggan sebanyakbanyaknya, atau lebih ditekankan pada fungsi-fungsi front office; sementara bagi corporate banking, mungkin peranan teknologi informasi hanya didominasi pada proses otomatisasi fungsi-fungsi back office.

Dengan kata lain, hasil dari tahap ini adalah suatu pengertian mengenai posisi teknologi informasi yang paling tepat (appropriate) bagi perusahaan yang bersangkutan. Ini akan menjadi dasar utama pemikiran untuk pengembangan sistem informasi selanjutnya, terutama dalam hal penentuan besarnya investasi yang layak untuk dianggarkan. Tujuan kedua dari tahap ini adalah untuk mendefinisikan secara rinci jenis-jenis informasi baik yang secara taktis maupun strategis dibutuhkan oleh manajemen perusahaan untuk pengembangan bisnisnya.

TEKNOLOGI informasi (TI) secara potensial merupakan suatu strategi, seperti apa yang telah dikatakan oleh Michael Porter,”a leading scholar of competitive strategy, asserts that the power of technology as competitive variables lies in its ability to alter competition through changing industry structure”. Pernyataan Porter ini mengandung arti bahwa kekuatan teKnologi merupakan suatu gambaran dari startegi kompetitif perusahaan yang artinya adalah dapat disebut sebagai salah satu variabel kompetitif yang dapat mengindikasikan kemampuan berkompetisi melalui perubahan struktur industri (Ardiyansah, 2002).

Lingkungan komunitas TI memandang bahwa aplikasi TI merupakan suatu bagian strategi organisasi, karena berkaitan dengan fungsi perencanaan dan pengendalian manajemen organisasi. Untuk menyusun suatu model TI yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan maka salah satu yang harus diperhatikan adalah aspek internal perusahaan.

Di dalam aspek internal, ada empat hal utama yang harus dianalisa (Indrajit 2000) :

1. Struktur Organisasi – mempelajari fungsi-fungsi apa saja yang ada dalam organisasi dan bagaimana hubungan keterkaitan antara fungsi-fungsi tersebut;

2. Proses dan Prosedur – mempelajari bagaimana proses dan prosedur penciptaan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan secara mendetail;

3. SDM dan Budaya Perusahaan – mempelajari karakteristik manusia sebagai implementor sistem yang diterapkan perusahaan, terutama hal-hal yang melatarbelakangi terbentuknya budaya perusahaan; dan

4. Sumber Daya dan Infrastruktur Perusahaan – mempelajari sumber daya-sumber daya yang dimiliki perusahaan seperti asset, keuangan, manusia, informasi, waktu, dan lain sebagainya.

Mempelajari faktor-faktor internal ini sangat perlu dilakukan karena pada kenyataannya setiap perusahaan memiliki keunikan tersendiri, yang membedakannya dengan perusahaan lain. Harap diperhatikan bahwa pada dasarnya strategi adalah bagaimana meutilisasikan sumber daya-sumber daya yang dimiliki perusahaan sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan produk atau jasa sesuai dengan target yang diinginkan.

STRUKTUR ORGANISASI

Keterlibatan teknologi informasi memungkinkan terciptanya produk-produk atau jasa-jasa baru yang dapat ditawarkan perusahaan atau memperbaiki produk atau jasa yang sudah ada. Tidak tertutup ada kemungkinan bahwa teknologi informasi dapat mempengaruhi pasar dan pemasaran.tapi kadang solusi yang dikembangkan masih setengah-setengah. Solusi TI dibangun dalam beberapa sistem yang terpisah, bukan dalam satu kesatuan. Sistem yang dibangun biasanya terbagi berdasarkan unit kerja, atau berdasarkan proses bisnis yang ada. Hal ini tentunya dapat menimbulkan beberapa masalah ketika suatu saat terdapat proses bisnis yang membutuhkan adanya kolaborasi ataupun pertukaran informasi antar unit kerja atau antar proses bisnis untuk menyelesaikan rangkaian prosesnya tersebut, yang tentunya hal ini tidak akan dapat ditangani dengan solusi TI model seperti ini. Solusi TI seperti ini sebenarnya sudah tidak relevan lagi untuk digunakan pada dunia bisnis yang sangat dinamis seperti saat ini. Dengan demikian TI memerlukan struktur organisasi yang diantara unit kerja harus berada dalam satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Gegap gempitanya peran TI dalam era ekonomi baru ini tak pelak turut pula menciptakan serta meredefinisi jabatan -jabatan yang tak pernah ada sebelumnya dalam era ekonomi lama. Dalam bidang TI misalnya, muncul jabatan CIO atau Chief Information Officer, yang merupakan jabatan tertinggi manajemen TI dalam satu perusahaan. Dalam banyak perusahaan, CIO malah bertanggung jawab langsung ke CEO. Yang jelas, CIO merupakanjabatan strategis dan merupakan posisi manajemen senior. Ini dapat diukur dari jarak kendali antara CIO dan CEO yang biasanya tak lebih dari dua.

Santoso, Hanny (2002) mengatakan Sebelum dekade 1990-an, TI dipandang sebagai supporting business function yang pekerjaannya sangat monoton, membantu melakukan pelaporan day-to-day operation dari masing-masing departemen dalam perusahaan. Mungkin dapat dianalogikan sebagai “konco wingking” saja dan tak pernah dikedepankan sebagai suatu peran strategis yang mengubah peta persaingan bisnis. Fungsi utama komputer di sini adalah untuk menghitung, mengolah data, dan mengotomatisasikan pelaporan. Pada saat itu belum dijumpai istilah CIO, lebih banyak digunakan istilah manajer EDP, manajer sistem informasi, ataupun kepala pusat data/komputer. Namun sejalan dengan jaringan komputer dan Internet mulai booming pada dasawarsa lalu, serta terjadi konvergensi dengan peralatan telekomunikasi, maka persepsi masyarakat mulai berubah drastis. Mereka mulai dapat mengapresiasi fungsi TI ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu terkait dengan strategi utama perusahaan untuk memenangkan persaingan. Bila tadinya penggunaan TI hanya terfokus pada tujuan untuk mendapatkan hasil yang _cheaper, better dan faster_ saja, maka kemudian meningkat mendapatkan hasil kepada terciptanya business value bagi seluruh stakeholders.

Lebih lanjut Santoso, Hanny (2002) mengatakan, jabatan CIO diciptakan sangat sejalan dengan meningkatnya peran serta TI dalam menentukan keunggulan bersaing perusahaan. Di banyak perusahaan, TI kini backbone seluruh kegiatan operasinya, bahkan menjadi “core business” dan sekaligus menjadi “main differentiator” dari perusahaan tersebut dibandingkan para pesaingnya. Oleh karena maka TI menjadi sangat “sacred” dan dipandang perlu bagi seorang CEO untuk dapat berhubungan secara dekat dengan CIO dalam merumuskan strategi bisnisnya. Hubungan CIO dan CEO harus seharmonis mungkin sehingga dapat menguntungkan perusahaan secara maksimal. Jauh sebelum adanya jabatan CIO ataupun munculnya anggapan TI merupakan senjata strategis perusahaan, di masa lalu TI hanya dianggap satu bagian pusat data dan penyedia laporan bisnis untuk operasi harian perusahaan. Di masa itu, TI hanyalah berfungsi sebagai pengotomatisasi laporan.

PROSES DAN PROSEDUR

Kegagalan implementasi TI di suatu perusahaan terjadi ketika untuk segala proses dan prosedur implementasi diserahkan hanya ke team IT saja. Hal ini sangat umum terjadi, dimana para anggota team yang terlibat di proyek implementasi umumnya seringkali menyerahkan saja untuk pengambilan keputusan atau perubahan prosedur ke pihak IT dengan alasan mereka orang teknikal yang menguasai secara baik bidang teknikal. Padahal yang mengetahui prosedur yang benar dibagian masing-masing adalah pihak yang terlibat utama didalamnya, misalnya orang finance untuk di bagian finance, orang produksi untuk dibagian produksi dan seterusnya.

SUMBER DAYA MANUSIA DAN BUDAYA PERUSAHAAN

Kemampuan dan kualitas orang-orang yang bekerja di perusahaan harus disesuaikan dengan teknologi informasi yang semakin berkembang. Para pekerja diharapkan memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam pemanfaatan teknologi informasi, selain itu juga memiliki kemampuan dalam bidang bahasa internasional, yaitu bahasa inggris. . Makin banyak tenaga kerja dibutuhkan untuk mengoperasikan peralatan yang lebih canggih dan modern itu, sehingga dengan tingkat investasi yang makin tinggi per pekerja, maka bila terjadi putusnya proses sebentar saja akibatnya makin mahal harus ditanggung perusahaan.

Keberadaan teknologi informasi ditujukan untuk meningkatkan kualitas kinerja SDM (employees empowerment). Kegagalan implementasi TI di perusahaan dapat diakibatkan oleh low-utilization yang dapat disebabkan oleh rendahnya kemampuan SDM yang ada di perusahaan tersebut. Untuk itu diperlukan pelatihan yang dapat membantu para karyawan dalam melaksanakan aktivitas pekerjaannya sehari-hari. Pemberian program-program pelatihan (training) yang bersifat edukatif, diperlukan suatu strategi untuk membuat karyawan tertarik belajar lebih jauh dan memanfaatkan teknologi informasi yang ada dengan cara pendidikan yang bersifat hiburan (entertainment).

Santoso Hanny (2003) mengatakan bahwa kegagalan implementasi TI tak lepas dari tanggung jawab CEO. Peran CEO adalah memberikan visi, arah bisnis dari suatu perusahaan, dan harus terus menjamin kelangsungan visi tersebut dilaksanakan melalui tindakan nyata dari seluruh organisasi yang dipimpinnya Banyak CEO yang justru tidak mengerti manajemen TI sama sekali, dan banyak CEO yang benar-benar tak ingin tahu sama sekali. Kelemahan CEO ini dapat diantisipasi dengan CIO yang menguasai bisnis maupun manajemen TI secara strategis. Dengan demikian, fungsi CEO akan menjadi liaison bagi CEO yang “gaptek” dengan staf yang “gapbis” (gagap bisnis). Kombinasi CEO-CIO yang serasi dan saling melengkapi merupakan syarat mutlak TI yang ingin berhasil. Namun di Indonesia yang tersedia justru CIO yang kurang mengerti bisnis dan manajemen TI yang baik dan hanya menguasai aspek teknis TI saja, serta CEO yang tidak tahu TI sama sekali dan hanya bertumpu pada modal besar belaka.

SUMBERDAYA DAN INFRASTRUKTUR PERUSAHAAN

Ardiansyah (2002) mengatakan bahwa untuk lebih mengoptimalkan strategi TI perlu dibahas terlebih dahulu arsitektur rancangan yang dibutuhkan, agar tujuan strategi TI dapat tercapai. Arsitektur rancangan kerja teknologi terdiri dari 4 elemen :

1. Pemrosesan data menjadi informasi melalui hardware dan hubungannya dengan sistem operasi software (computing).

2. Komunikasi merupakan antar hubungan dan adanya keterkaitan antar kerja atau informasi (communication).

3. Data merupakan assets bagi organisasi yang dapat digunakan, diakses, dikontrol dan disimpan (data).

4. Sistem aplikasi utama merupakan penerapan dan penggunaan data menjadi lebih mempunyai nilai informatif.

Lebih lanjut dikatakan, untuk melakukan restrukturisasi TI pada suatu organisasi perlu melakukan langkah-langkah yang tepat untuk lebih mengabsahkan prinsip-prinsip dan faktor-faktor yang mempengaruhinya kedalam bentuk parameter, skema, kebijakan dan rencana-rencana. Oleh karena itu tindakan-tindakan secara arsitektural seringkali dihubungkan dengan perubahan-perubahan manajemen sumber informasi perusahaan.

Tiap-tiap perusahaan dituntut untuk jeli dalam mengidentifikasi perkembangan bisnis di sektor yang digelutinya. Tiap perusahaan bukan saja dituntut untuk tahu secara dalam tentang karakter industri yang digarapnya namun juga harus pintar-pintar mengkalkulasi bagaimana kemungkinan trend-trend di industrinya kedepan serta syarat-syarat yang diperlukan agar terus sukses dalam membidik bisnis itu dalam jangka panjang (Metro Data, 2006). Setiap perusahaan memiliki kebutuhan akan teknologi informasi yang berbeda, dan setiap perusahaan dalam pengembangan dan implementasi TI nya harus disesuaikan dengan kondisi sumberdaya dan infrastruktur yang dimilikinya serta jenis bisnis yang digelutinya.

Dalam Metro Data (2006), sejak tahun 2004 PRAS mengganti sistim teknologi informasi (TI) di perusahaan yang sudah go public itu dengan sistem aplikasi baru, yakni dari SAP. Manajemen PRAS yakin, sistem TI yang baik akan menjadikan arus informasi di perusahaan menjadi makin lancar dan tepat waktu. Apalagi bila sistem itu sudah terintegrasi antar bagian dalam perusahaan, maka akan memungkinkan terjadinya koordinasi yang lebih baik antar bagian. Data dan informasi antar satu bagian juga menjadi sinkron dan harmonis. Belum lagi dengan adanya sistem TI yang baik pasti lebih menjamin bahwa informasi yang ada akan akurat sehingga benar-benar bisa dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan.

Sebelum diimplementasikannya sistem baru dari SAP, manajemen PRAS sudah menerapkan aplikasi yang dibuat oleh sebuah perusahaan asal Amerika. Aplikasi itu bahkan sudah diterapkan sejak tahun 1997. Namun demikian aplikasi itu kemudian dirasa tak memadai lagi buat kebutuhan PRAS yang bisnisnya makin berkembang.

KESIMPULAN

Teknologi informasi merupakan suatu strategi kompetitif perusahaan untuk dapat berkompetisi dengan para pesaing atau lawan pada suatu pasar.

Aplikasi TI adalah suatu perwujudan dari rencana strategi yang telah ditetapkan dalam bentuk suatu perencanaan dan kemudian pengendalian dari implementasi strategi TI tersebut. TI dapat membantu dalam implementasi strategi perusahaan, seperti misalnya ; dari sisi biaya, tampilan pelayanan atau produk yang berbeda dengan para pesaing dan lebih terfokus pada produk dan pasarnya.

Lima model kekuatan memberikan suatu cara dan menjawab permasalahan yang dihadapi perusahaan yang maksudnya adalah untuk menjadi peralatan analisa yang mengarah kepada pemanfaatan peluang peluang yang strategis. Strategi perusahaan akan menjadi lebih efektif dengan mengoptimalkan implementasi TI yang kemudian dapat menguntungkan bagi perusahaan dalam bersaing.

Optimalisasi strategi TI dalam perancangan dapat dilakukan dengan memperhatikan secara lebih teliti pada 4 elemen; computing, communication, data dan aplication. Keempat elemen tersebut saling interdependensi dan artinya satu sama lain saling mempengaruhi.

Kesuksesan TI merupakan suatu sukses dalam implementasi TI dan implementasi TI dapat memberikan kepada pemakainya pengarahan (directing), pengembangan (developing) dan realisasi rencana yang biasanya memperhitungkan efisiensi biaya, efektifitas sistem, responsif dan inovatif.


Referensi manajemen TI

  1. Sang CIOC (dimuat di mjalah warta ekonomi, desember 2002) www.binus.ac.id
  2. Menyingkirkan CEO Gap www.binus.aac.id/mayors
  3. Ringkasan Artikel Ilmiah bebas.ulsm.org
  4. Kelompok 64 bebas.ulsm.org/v06/kuliah
  5. SDA Asia Online : Indonesia www.sda-ind.com/sda/news/psecom.id
  6. Avdit TI : Siapa yang diuntungkan e Bizz Asis Mei-Juni 2004 www.ebizzasia.com
  7. Tempo Interaktif. com umumkan Server Manajemen www.tempointeraktif.com
  8. Analisa Peranan Perangkat Lunak Komputer bersifat Open Source www.infolinux.web
  9. detiknet Alihdaya TI bisa menjadi pemikat investastor detiknet.com
  10. PT. Metrodata Elektronik, Tbk www.metrodata.co.id
  11. Manajemen Sumber Daya Manusia www.portahr.com
  12. www.amanahteknologi.com
  13. www.vlsm.org/fusilkom-ui/fusilkom-02-mti02.html
  14. www.indonetwork.co.id/all/Budu/120.html
  15. www.fortunecity.com/skyscraper/amd/359/dss.html
  16. www.grafiti.co.id
  17. www.ebizzasia.com/0215-2004/column,0215,riri.html
  18. www.stie-mce.ac.id/~abis/BIS0006.pdf
  19. www.dinus.ac.id/artikel/UdinusNet.htm
  20. www.binasindo.com
  21. www.angkasa-online.com/10/09/lobi/lobi1.htm
  22. www.pendidikan.net/penlinks2.html
  23. www.dataon.com/id/article/article338.htm
  24. www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=279734&kat_id=151
  25. www.integrasolusi.com
  26. www.praisindo.com
  27. www.vaksin.com/sms-wsus.htm
  28. www.vlsm.org/fusilkom-ui/lib/26.txt -
  29. www.bankekonomi.co.id
  30. http://users.cjb.net/konsultan/
  31. www.bahtera.org
  32. www.bos.or.id
  33. www.id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Informasi_Manajemen
  34. www.theceli.com/dokumen/produk/lain/inpres3-2003.htm
  35. http://id.saltanera.com/bahan/manajemen/manajemen-proses-bisnis-mendorong-efisiensi-dan-menumbuhkan-nilai-kompetitif/
  36. http://members.tripod.com/prosesbisnis/dm.htm
  37. www.sony-ak.com/articles/5/it_feasibility_study.php
  38. www.cs.ui.ac.id/id/s2-mti
  39. www.okta-education.com
  40. http://kompas.com/ver1/Iptek/0609/04/230105.htm
  41. www.bppt.net
  42. www.pps.ui.ac.id/ps11.htm
  43. http://www.sda-indo.com/sda/features/psecom,id,775,nodeid,1,_language,Indonesia.html
  44. http://komputer-teknologi.net/
  45. www.suaramerdeka.com/harian/0309/08/kha2.htm
  46. www.niasisland.com/n20011219090412_pe0.htm
  47. www.ista.ac.id/lppm.html
  48. www.duniaesai.com/manajemen/manaj4.htm
  49. www.mawar.inn.bppt.go.id/kegiatan.html
  50. www.amanahteknologi.com
  51. www.fortunecity.com/skyscraper/amd/359/simdapok.html

ANALISIS PROSPEK BISNIS

ANALISIS PROSPEK BISNIS CAT HoMe

Prospek usaha penyediaan/ penjualan binatang peliharaan terutama kucing merupakan usatu usaha yang dapat dijalani beriringan dengan hobi tau kesenangangan kita akan kucing dibandingkan dengan peliharaan lain atau anjing misalnya, kucing relatif lebih mudah karena kucing tiadk perlu terlalu sering dimandikan, bulu kucing yang tidak mudah berkeringat dan kotor sehingga kondisi kandang cenderung lebih bersih. Faktor lain adalah harga seekor kucing angggora rata-rata lebih besar dari seekor anjing dan frekuensi pembelian kucing dibandingkan anjing lebih sering terjual kucing.

Aspek-aspek yang menjadi pertimbangan membuka usaha bidang ini dengan mempertimbangan:

  • Peluang pasar dan pemasaran.
  • Aspek teknis
  • Aspek organisasi dan manajemen.
  • Kelayakan aspek keuangan.
  • Identifikasi faktor kegagalan.

1. Aspek pasar dan pemasaran

a. segmen pasar usaha adalah para hobiies atau pencinta kucing yang pada umumnya merupakan orang-orang yang secara materi mempunyai kemampuan financial yang mapan yang tidak segan untuk memngeluarkan/membeli kucing yang memiliki kualitas yang baik,

b. Kucing yang ditawarkan merupakan kucing-kucing pilihan dengan kelebihannya adalah merupakan kucing dari induk-induk terbaik dengan kondisi kesehatan yang terjamin;

c. Pemasaran dilakukan dengan menghubungi pelangggan apabila terdapat kucing dengan kualitas baik dan juga melalui sarana internet sehingga jangakauan pemasaran lebih luas.

2. Aspek teknis dan teknologi

- Masalah teknis pemeliharaan yang membutuhkan tempat yang dapat menampung kandang dengan kondisi sirkulasi udara yang terjaga baik, dan hal ini dapat dipenuhi dengan terdapatnya temapat yang cukup layak untuk dapat menampung 15 ekor kucing dewasa.

- Masalah operasional rencana pengadaan menjaga ketersediaan kucing, persediaan makanan yang dibutuhkan dan tenaga kerja yang memahami pekerjaan ini;

- Ketersediaan pendukung operasi seperti halnya komputer, koneksi internet, listrik dan air.

3. Aspek organisasi dan manajemen

Dalam pengelolaan usaha ini perlu dibentuk suatu ketentuan dalam pembagian tugas walalupun tidak menyangkut jumlah orang yang banyak cukup dengan 4 orang, akan tetapi hal ini perlu dilakukan sehinga setiap orang mendapatkan dengan jelas tugas dan tanggung jawabnya.

4. Kelayakan aspek keuangan

Tujuan menganalisis aspek keuangan dari suatu studi kelayakan bisnis adalah untuk menentukan rencana investasi melalui perhitungan biaya dan manfaat yang di harapkan dengan membandingkan antara pengeluaran dan pendapatan, seperti ketersediaan dana, biaya modal awal, kemampuan untuk membayar kembali dana tersebut dalam waktu yang telah ditentukan dan menilai apakan usaha ini akan dapat berkembang terus.

5. Identifikasi faktor kegagalan

Ada banyak resiko-resiko dari usaha ini yang dapat saja terjadi terutama disadari bisnis binatang peliharaan merupakan suatu bisnis yang cukup beresika karena berkaitan dengan sesuatu yang bernyawa yang kemungkinan terserang penyakit dan mati adalah cukup besar sehingga perlu untuk mengantiisifasi terjadinya serangan penyakit.

Dapat dijelaskan masalah-masalah di bidang pemasaran dapat mengakibatkan turunnya
jumlah penjualan serta rusaknya citra perusahaan, kurangnya promosi, merupakan bagian dari tanda-tanda kegagalan pemasaran. Kegagalan pemasaran tidak lepas dari banyaknya permasalahan yang ada. Seperti misalnya:

    1. Perubahan permintaan pasar
    2. Perang harga
    3. Pemalsuan indentitas induk
    4. Promosi yang kurang baik dan efektif
    5. Penyakit yang menimbulkan kematian

Dari kajian untuk resiko-resiko ini dapat dijadikan salah satu alasan, untuk mengukur kelangsungan usaha bisnis ini.

Dari analisis-analisis tersebut maka didapat suatu gambaran bahwa bisnis ini layak untuk terus dikembangkan dengan memperhatikan resiko-resiko yang ada.

STRATEGI PERUSAHAAN KECIL DAN MENENGAH ( UKM )

STRATEGI PERUSAHAAN KECIL DAN MENENGAH ( UKM )
DENGAN MENGGUNAKAN ICT UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PERUSAHAAN DAN MENDAPATKAN PELUANG EKSPOR DAN
PELUANG BISNIS LAINNYA

Keberadaan UKM sebagai salah satu sektor penggerak ekonomi yang terbukti dapat bertahan menghadapi krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1998. Sektor UKM memberikan kontribusi cukup besar dalam menggerakkan roda ekonomi hal ini dapat dilihat bahwa pertumbuhan PDB UKM lebih tinggi dibandingkan sumbangan pertumbuhan Usaha Besar. Pada tahun 2003 dari 4,61 persen pertumbuhan PDB nasional secara total, 2,69 persen berasal dari pertumbuhan UKM. Kemudian, pada tahun 2004 dari 4,86 persen pertumbuhan PDB nasional secara total, meningkat menjadi 2,85 persen berasal dari pertumbuhan UKM. Jumlah unit usaha UKM pada tahun 2004 adalah sebesar 43,22 juta naik 1,61 persen terhadap tahun sebelumnya, sementara jumlah tenaga kerja yang bekerja di sektor UKM pada tahun yang sama sebesar 79,06 juta pekerja yaitu hampir 87 % angkatan kerja diserap oleh UKM. Peranan ekspor UKM terhadap ekspor non migas tercatat 19,94 persen di tahun 2004 sehingga UKM juga cukup memberikan kontribusi penting dalam ekspor dan perdagangan dan juga penyediaan lapangan pekerjaan.

a. Upaya Mendorong Pengembangan UKM

Dalam menghadapi mekanisme pasar yang makin terbuka dan kompetitif, penguasaan pasar merupakan prasyarat untuk meningkatkan daya saing UKM. Salah satu kunci keberhasilan usaha UKM adalah adalah tersedianya pasar dan pemasaran yang jelas bagi produk UKM. Peran pemerintah diperlukan dalam mendorong keberhasilan UKM untuk memperluas pasar dan pemasaran bagi produk UKM, perlindungan usaha bagi UKM, dukungan kemudahan-kemudahan untuk mengakses informasi usaha, melaksanakan promosi, pengembangan jaringan usaha, pencadangan lokasi usaha dan perlindungan dari persaingan yang tidak sehat. Sejalan dengan itu. pemberdayaan UKM dibidang promosi dan pemasaran diarahkan untuk tujuan : meningkatkan kesadaran, pemahaman dan ketrampilan UKM dalam aspek pemasaran, meningkatkan daya saing dan daya kompatabilitas produk UKM, serta mengembangkan infrastruktur pemasaran sehingga proses pemasaran produk UKM terjamin, mudah, cepat dan murah. Beberapa sarana infrastruktur yang ditawarkan yang dibuat khusus dengan harga yang dapat dijangkau oleh UKM, adalah sebagai berikut :

a) IBM

Menggarap segmen usaha kecil dan menengah (UKM) di Indonesia melalui penawaran peranti keras, peranti lunak dan layanan yang disebut Portfolio Express dengan price-concerned. Perusahaan tersebut memaketkan penawarannya sehingga mudah diterapkan UKM dan harganya terjangkau.

b) Apec Digital Opportunity Center (ADOC)

Menghibahkan sarana promosi produk usaha kecil menengah kepada Trading Board Kemenkop dan UKM, berupa 16 unit komputer dan kamera digital.
ADOC juga melakukan transfer pengetahuan bagi pengusaha kecil di Indonesia agar bisa mengikuti perkembangan dan aktivitas Trading Board, lembaga yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 2006.

c) Indosat Mega Media (IndosatM2) dan PT. Microsoft Indonesia

- Penandatanganan nota kesepakatan kerjasama (Memorandum of Understanding-MoU) untuk menyediakan sarana ICT (Information Communication Technology - teknologi komunikasi dan informasi) dalam Program Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

d) Cisco

Cisco memperkuat lini solusi unified communication untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) dengan peluncuran paket Smart Business Communications System. Peluncuran ini mempertegas komitmen Cisco menyediakan solusi khusus bagi kalangan UKM dengan banyak kemudahan. Solusi ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan UKM akan penyederhanaan, penyingkatan waktu sekaligus fleksibilitas instalasi. Dengan sederet kemudahan tersebut, pengguna kelas UKM masih dapat memperoleh manfaat dari peningkatan produktifitas dan efisiensi komunikasi.

e) HP

HP mengumumkan kehadiran server , anggota terbaru dari jajaran server x86 yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan Sektor Komersial khususnya di bidang TI yang semakin berkembang serta tuntutan efisiensi biaya dalam mendukung optimasi hasil usaha mereka. Server HP ProLiant ML115 yang dikembangkan di Asia ini adalah solusi komputasi entry-level dengan harga terjangkau yang pembuatannya mengacu kepada kebutuhan bisnis Sektor Komersial. Diperkuat dengan prosesor berteknologi DDR2 inti-ganda AMD Opteron™ 1000 series Generasi Kedua atau prosesor inti tunggal AMD Athlon™ 64 3500+, HP ProLiant ML115 dihadirkan seharga server desktop. Server ini ideal untuk jaringan, penyimpanan dan pencetakan, akses Internet yang terbagi-bagi, email skala kecil dan infrastruktur LAN. HP memadukan kepercayaan dan desain unggulan yang telah teruji dalam teknologi server standar industri ProLiant dan diperkuat dengan prosesor AMD .Generasi Kedua. Paduan ini menjadikan server ini sederhana, andal dan terjangkau bagi pelaku usaha Sektor Komersial,” ujar Tony Parkinson, vice-president dan general manager, Industry Standard Servers, HP Asia-Pasifik. “HP ProLiant ML115 merupakan server seharga server desktop yang berguna untuk meningkatkan kualitas jaringan, efisiensi bisnis, dan melindungi email serta file-file perusahaan.”

Kegiatan lain yang berhubungan dengan program Pemberdayaan UKM sebelumnya juga telah dilakukan :

- Penandatanganan kerjasama antara Kementrian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dengan PT Jababeka Tbk. untuk memberikan manfaat kepada UKM dengan penyelenggaraan pelatihan-pelatihan berbasis e-UKM selama 1 tahun dan bertahap di President University. Program pemberdayaan di bidang promosi dan pemasaran yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2005 dititik beratkan pada peningkatan kualitas produk, peningkatan kemampuan dan keterampilan pemasaran, mengembangkan aktivitas promosi yang terintegrasi, mengembangkan aktivitas publisitas serta mengembangkan kerjasama internasional. Program tersebut dilakukan melalui kegiatan pameran produk dan dagang di dalam dan luar negeri, misi dagang serta pengembangan trading board guna memfasilitasi promosi UKM dan perdagangan/komunikasi bisnis KUKM.

- Government Strategy on Foreign Investment and on The World Oil Crisis yang dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Dr.Susilo Bambang Yudhoyono serta sekitar 1000 pengusaha skala besar dan UKM dari Kawasan Industri Jababeka.

Dalam tahap pertama kerjasama ini, komunitas UKM di Kawasan Industri Jababeka akan mendapatkan layanan mudah dengan harga yang relatif terjangkau untuk fungsi-fungsi dasar komputasi (email, portal dan training) dan memberikan biaya yang terjangkau untuk premier support. IndosatM2 sebagai mitra industri komunitas UKM akan memberikan kontribusi dengan menyediakan infrastruktur bandwith internet untuk Program Pemberdayaan UKM tersebut.

Program ini merupakan salah satu bentuk komitmen jangka panjang Microsoft untuk mendukung perkembangan UKM di Indonesia dan meningkatkan daya saingnya melalui pemanfaatan teknologi dan informasi. Microsoft akan memberikan dukungan dan menyediakan teknologi yang dapat membantu para UKM meningkatkan potensinya sehingga dapat mendorong perekonomian lokal di Indonesia.

Kerjasama ini akan dikembangkan lebih lanjut pada tahun-tahun berikutnya. Setelah penyediaan layanan email, portal dan training di tahun 2005 ini, kegiatan pemanfaatan teknologi untuk pemberdayaan UKM akan dilanjutkan dengan dukungan implementasi aplikasi Customer Relationship Management (CRM), video conference dan support center serta Human Resource bagi UKM pada tahun 2006. Pada tahun 2008 mendatang, akan diimplementasikan layanan untuk aplikasi akutansi dan Enterprise Resource Planning (ERP).

- STIC (Sustainable Trade and Innovation Center)

Sebuah organisasi non profit nirlaba independent yang didirikan – pada bulan September 2002 di Johannesburg- untuk menjembatani dialog antara supplier dari negara-negara berkembang dengan pembeli dari negara-negara maju, termasuk negara Uni Eropa. Kantor pusat STIC Internasional berlokasi di Genewa, Swiss dan memiliki cabang-cabang yang telah dan akan dibentuk diseluruh belahan dunia dimana Indonesia merupakan cabang berikutnya dan pertama di ASEAN. Organisasi merupakan hasil kerjasama antara Pusat Pengembangan Usaha Kecil Menengah Indonesia (CD-SMEs dengan European Partner for Environment (EPE-Belgia) dan Uni Eropa dalam bentuk Pusat Perdagangan Berkelanjutan dan Inovasi Indonesia. Organisasi ini merupakan jawaban bagi pengusaha Indonesia dalam menghadapi desakan globalisasi dan pasar dunia terutama pasar Eropa.

b. Pemanfaatan ICT dalam meraih peluang usaha

Pemanfaatan teknologi informasi sangat penting bagi pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia. Hal ini sudah menjadi keharusan apabila tidak ingin ketinggalan dalam merebut pasar dan peluang bisnis. Bentuk dari pemanfaatan ICT untuk meningkatkan daya saing Usaha Kecil Menengah dalam meraih peluang usaha antara lain sebagai berikut :

1. Centre for Development of Small and Medium Enterprises (CD-SMEs) Kadin Indonesia dan SME-Center

Pendirian CD-SMEs Kadin Indonesia awalnya didasari atas deklarasi yang disepakati pada pertemuan negara-negara G 15 di New Delhi, India dimana pembentukan SMEs Center merupakan keharusan bagi seluruh anggota untuk dilaksanakan. Pada KTT G 15 di Jakarta, Indonesia telah ditunjuk sebagai koordinator dalam bidang perdagangan antar anggota dengan memanfaatkan e-commerce (internet). CD-SMEs menyelenggarakan sistem informasi jaringan pasar global secara interaktif, mudah, serta murah bagi pengusaha kecil, menengah, dan koperasi (Firman, 2004).

Sementara itu SME Center didirikan sebagai pusat informasi, akses pasar domestik maupun luar negeri, akses modal berupa pinjaman maupun penyertaan, pengembangan sumber daya manusia, sertifikasi mutu, administrasi keuangan, studi kelayakan, asuransi berupa jaminan atas pinjaman maupun asuransi atas ekspor maupun akses tulisan-tulisan yang bersifat praktis maupun semi ilmiah untuk pengembangan UKM, infrastruktur serta sebagai pusat pendidikan virtual dengan memanfaatkan jaringan komunikasi dan informasi yang menjadi jalinan titik singgah / simpul dari jalinan bisnis lokal menuju jalinan bisnis internasional melalui simpul-simpul lain disetiap negara.

Dalam pelaksanaan pemberdayaan dan dan pengembangan UKM di Indonesia, telah disepakati oleh 3 (tiga) instansi yaitu CD-SMEs Kadin Indonesia, PT. Telkom Indonesia Tbk., dan PT. Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan membentuk 9 SME-Center di sembilan daerah sebagai proyek percontohan (Padang, Jakarta, Cirebon, Yogyakarta, Jepara, Sidoarjo, Denpasar, Makassar, dan Balikpapan ) dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam bentuk internet dengan portal www.sme-center.com, Produk-produk mereka bisa terpampang dan buyer yang berminat bisa melakukan transaksi.

Melalui SME Center akan terbentuk jalinan simpul dan titik-tolak transit dari perusahaan lokal menuju kerjasama usaha dengan perusahaan regional melalui nodes di negara-negara G-15. Dengan cara seperti ini, hambatan akses pasar, modal, manajemen, serta teknologi bisa terjawab melalui jaringan sistem informasi dan e-commerce. National CD-SMEs :

- Menyediakan metodologi dalam kegiatan operasi dan pemasaran SME-Center (franchising);

- Menyediakan advokasi dan solusi total kepada SME-Center untuk melayani UKM:

- Menjalin kerjasama pemasaran terpadu menuju pasar global, melakukan koordinasi dan kerjasama dengan Instansi Pemerintah, BUMN, BUMS, Perguruan Tinggi dan LSM di tingkat pusat maupun daerah;

- Menyelenggarakan pendidikan, pelatihan dan pendampingan melalui sistem internet (maya) untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia UKM.

2) Small and Medium Enterprise Development Institute (SMEDI)

Merupakan lembaga di bawah CD-SMEs Kadin Indonesia dengan bantuan pemerintah Republik Korea menyelenggarakan penelitian, pendidikan serta pelatihan dan tugas dukungan lainnya bagi UKM di Indonesia melalui jaringan internet (online) maupun pendidikan dan pelatihan dengan tatap muka (offline).

3) Sembilan P3-UKM (Pusat Pelayanan dan Pengembangan UKM)

Merupakan lembaga yang didirikan atas dukungan kerjasama dengan BRI, Bank Mandiri, Kadin Indonesia, Telkom, Pos Indonesia, CCL, dan Sucofindo, lembaga ini menyediakan layanan terpadu bagi UKM untuk akses pada informasi pasar, standarisasi, perbankan, teknologi dan manajemen melalui simpul pelayanan terpadu dan komprehensif. Dengan demikian UKM dapat memanfaatkan jasa layanan yang akan diberikan baik akses pasar domestik maupun internasional, sumber pembiayaan, pelatihan dan sertifikasi mutu melalui informasi dan e-commerce. P3-UKM ini akan ditunjang dengan fasilitas jaringan telekomunikasi backbone transmisi gelombang mikro digital (DGM) trans Sumatera, Cross Kalimantan dan Nusa Tenggara serta Jaringan Rural di Jatim, dan Sulawesi .

c. Kesimpulan

Dalam usahanya pemberdayaan UKM untuk dapat bersaing di dalam dunia bisnis global, teknologi informasi dan komunikasi telah menjadi faktor atau sumber daya penting yang harus dimiliki di samping sumber daya lain semacam manusia, finansial, mesin, material, dan metodologi.

Dengan penerapan TIK dalam pengembangan usaha UKM maka akan terciptanya kerjasama bisnis dan meluasnya peluang pasar ekspor produk UKM, terfasilitasinya promosi produk UKM di zona-zona perdagangan serta memfasilitasi terciptanya kontak bisnis dan kemitraan UKM dengan pelaku bisnis baik dalam negeri maupun luar negeri sehingga terbuka peluang eksport dan bisnis yang akan menumbuhkembangkan UKM sebagai sektor perekonomian yang handal.



Referensi UKM

1. Asia Highlights - eBizzAsia Januari-Februari 2006

Belum lama ini pemerintah Filipina mengungkapkan sebuah cetak biru ICT berisi ... penggunaan ICT di kalangan perusahaan mikro, kecil dan menengah (UKM). ...
www.ebizzasia.com/0432-2006/asia,0432.htm

2. Kementerian Negara Riset dan Teknologi ::.

Pasalnya, jelas dia, tingkat kredit macet sektor UKM dalam mengembalikan hutang ... guna memfasilitasi unit-unit UKM mengakses TI pihaknya mendirikan warung ...
www.ristek.go.id/index.php?mod=News&conf=v&id=435 - 48k

3. Kementerian Negara Riset dan Teknologi ::.

TATP Setujui 136 Proposal Proyek TI UKM. Senin,04 Februari 2002 10:01 ... Program bantuan TATP merupakan salah satu inisiatif Bank Dunia dalam membantu ...
www.ristek.go.id/index.php?mod=News&conf=v&id=103 - 38k

4. TI dan Produktivitas UKM « aufklärung

Kehadiran UKM dalam lima tahun terakhir terbukti banyak memberikan ... Sekalipun UKM di Indonesia sekarang punya keinginan kuat memanfaatkan TI untuk ...
aufklarung.wordpress.com/2004/07/08/ti-dan-produktivitas-ukm-2/ - 22k

5. Digital & Business Management aufklrung

Sebagai pengendali lalu lintas data dan informasi perusahaan, tim TI juga memikul ... Kehadiran UKM dalam lima tahun terakhir terbukti banyak memberikan ...
aufklarung.wordpress.com/tag/topics/digital-business-management/ - 23k

6. lkhtnet | LKHT-FHUI

Bukankah mungkin melibatkan UKM dalam e-business hanya sekedar alasan populis untuk ... Semoga dalam menyikapi isu Teknologi Informasi—dengan sikap berani ...
www.lkht.net/artikel_lengkap.php?id=21 - 19k

8. Teknologi Informasi

CD-SMEs Kadin Indonesia dalam UKM Indonesia Exhibition CD-SMEs Kadin Indonesia (06/07/2004), PT. UKM Indonesia bekerja sama dengan Kadin Indonesia menggelar ...
www.sme-center.com/sme/berita/?Berita=040607122109&Kategori=8 - 24k

9. Teknologi Informasi

"TI diambil dari majalah ebizzasia Volume I Nomor 08 - Juni 2003 ... CD-SMEs Kadin Indonesia dalam UKM Indonesia Exhibition ...
www.sme-center.com/sme/berita/?Berita=042801075805&Kategori=8 - 30k

10. Menunggu Super Kaya Melirik UKM TI? direktif

Jika kita memang tertinggal lagi di sektor TI , di bagian mana? ... Kelemahan lain UKM IT adalah dalam mempersiapkan rencana bisnis yang bisa menarik ...
direktif.web.id/arc/2006/10/super-kaya –

11. Inkubator Bisnis diPolmandirektif

Inkubator di Polman menjadi mediator bagian-bagian di dalam perguruan tinggi ... Ironisnya perjalan UKM kita saya tidak melihat seperti bayi di atas yang ...
direktif.web.id/arc/2006/12/inkubator

12. UPPTI - UB

Ikut membantu Industri Kecil Menengah dan Usaha Kecil Menengah (IKM/UKM) dalam peningkatan kualitas usaha dengan pemanfaatan TI. ...
uppti.brawijaya.ac.id/ct.php?lang=id&load=01&set=renstra - 25k

13. ukm_header

Sistim pelayanan UKM/IKM akan didukung oleh aparat kantor-kantor kecamatan ... Pentingnya memanfaatkan teknologi informasi dalam mendukung keberhasilan ...
ukm.pempropsu.go.id/new/about.php - 19k

14. Welcome to eBizzAsia magazine

Berapa banyak perusahaan yang telah menerapkan TI dan eBusiness? Bagaimana dengan UKM? Bagaimana peran TI dalam pengembangan usaha di Indonesia? ...
www.ebizzasia.com/0107-2003/q&a,0107.htm - 34k

15. Welcome to eBizzAsia magazine

Keuangan tetap menjadi bagian yang paling tinggi dalam penerapan TI dalam suatu ... Berkaitan dengan penggunaan Internet oleh kalangan UKM, ada peningkatan ...
www.ebizzasia.com/0103-2002/asia,0103.htm - 20k

16. warung informasi teknologi warintek

Peningkatan kemajuan sumberdaya manusia dalam teknologi informasi di daerah. ... Terciptanya UKM baru dan pengembangan UKM yang ada berdasarkan interaksi ...
www.warintek.ristek.go.id/profil.htm - 24k -

17. Digital Kreasi - IT Solution Provider

Saya sampai saat ini, sebagai praktisi dibidang Teknologi Informasi kami terus menantikan mitra yang dapat bekerjasama dalam mengkoordinir UKM yang bergerak ...
www.dk.co.id/new/index.php?id=29&page=PaperDetil - 43k –

18. Tentang CD-SMEs Kadin Indonesia

Dalam pelaksanaan pemberdayaan dan pengembangan UKM di Indonesia, ... Balikpapan dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam bentuk internet dengan portal ...
www.cdsmes.or.id/pendahuluan.html - 20k

19. Departemen Dalam Negeri - Republik Indonesia

Pemda Bandung dinilai lebih siap membiayai pusat teknologi informasi UKM yang ... Dalam jangka panjang, pusat teknologi informasi ini juga akan menjadi ...
www.depdagri.go.id/konten.php?nama=Berita&op=detail_berita&id=152 - 62k

22. Tentang Sajadah.Net

Menjembatani UKM dan Koperasi dalam memperluas pasar melalui peningkatan pemanfaatan teknologi informasi internet. Menyokong dan Memperkokoh fundamental
www.sajadah.net/about.php - 14k -

23. Mengenal E-Commerce

berbagai keuntungan dari aplikasi TI oleh kalangan UKM. Dibandingkan tahun sebelumnya, ada peningkatan dalam persentase responden yang ...
nofieiman.com/repository/mengenal-e-commerce.pdf

24. IntikaMedia.Com ::. News & Articles ::.

Menurut Bido A.Budiman dari ifc.org, penggunaan internet sebagai media teknologi informasi dalam menunjang UKM bisa dijabarkan menjadi beberapa poin seperti ...
www.intikamedia.com/details_artikel.php?roel=4b18c2c8d61c3803dedde90fca3d2074&idartikel=17 - 16k

25. Bagian Universitas - Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Hal ini menjadikan beberapa mahasiswa yang tergabung dalam UKM ini sering dipercaya ... Soeharto (1996/TS); Heri Hermawan (1996/TI); Ong Wei Lina (1998/TI) ...
www.uajy.ac.id/ukm_2_2.asp - 13k

26. .:: Situs Resmi Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan ...

Layak itu berarti UKM yang inovatif dan usahanya berdampak besar bagi perkembangan Teknologi Informasi nasional atau mengurangi impor software dalam negeri, ...
www.menkokesra.go.id/content/view/2776/39/ - 30k

27. ::: Ucapan Selamat Ulang Tahun :::

dari perusahaan Indonesia dalam penggunaan TI dengan baik dan memberi impact-nya terhadap fokus perusahaan. Apalagi bila perusahaan tersebut adalah UKM dan ...
www.majalaheindonesia.com/ucapan_slmt_ultah_5.htm - 20k

28. Seminar IT Governance

Bandung, Divisi Web Administrasi – Universitas Kristen Maranatha (UKM) pada hari ... teknologi informasi dalam bentuk seminar yang berjudul IT Governance”. ...
www.maranatha.edu/LinkClick.aspx?link=2010&tabid=36&mid=1571 –

29. MYBIT

MYBIT yang merupakan acara dari fakultas teknologi informasi di UKM, ... Rangkaian acara yang ada dalam MYBIT dimulai dari pukul 10.00-17.00 diawali dengan ...
www.maranatha.edu/LinkClick.aspx?link=2009&tabid=36&mid=1571 - 43k

30. Swa.co.id > Swa Majalah > Tren & Analisis Peristiwa

Kehadiran UKM dalam lima tahun terakhir terbukti banyak memberikan kontribusi ... dengan sebenarnya titik persoalan produktivitas yang dikaitkan dengan TI. ...
swa.co.id/swamajalah/tren/details.php?cid=1&id=647 - 74k –

31. Swa.co.id > Swa digital > Manajemen TI

... Business One yang merupakan solusi SAP untuk UKM guna meningkatkan efisiensi dan ... Dalam suasana euforia TI dewasa ini, memang tidak salah jika banyak ...
www.swa.co.id/primer/swadigital/manajementi/index.php - 76k - 6 Mar 2007

32. PT Metrodata Electronics, Tbk.

UKM dituntut untuk tetap tumbuh dan bertahan dalam berbagai kondisi ekonomi. Penerapan teknologi TI dan jaringan data menjadi salah satu alternatif pilihan ...
www.metrodata.co.id/news/shownews.asp?id=483&cat=1 - 47k

33. PT Metrodata Electronics, Tbk.

Hal ini pasti sangat terasa dibidang TI. METRODATA Solution Day menawarkan kesempatan kepada para pengguna, pelaku bisnis dan profesional TI untuk dalam ...
www.metrodata.co.id/news/shownews.asp?id=395&cat=1 - 50k

34. Warintek Perpustakaan Unibraw Malang

Peningkatan kemajuan sumberdaya manusia dalam teknologi informasi di daerah. ... teknologi informasi untuk tujuan pendidikan dan pengembangan UKM. ...
digilib.brawijaya.ac.id/virtual_library/mlg_warintek/warintek.htm - 16k –

35. Website :: Radio Republik Indonesia

Layak itu berarti UKM yang inovatif dan usahanya berdampak besar bagi perkembangan teknologi informasi nasional atau mengurangi impor software dalam negeri, ...
www.rri-online.com/modules.php?name=Artikel&sid=25149 - 87k

36.Tulisan Mengenai Penanggulangan Korupsi

Teknologi Informasi dalam Penciptaan Masyarakat Indonesia yang Transparan ... dengan investasi yang tidak terlalu besar (Usaha Kecil Menengah) dapat memulai ...
www.transparansi.or.id/artikel/artikel_pk/artikel_06.html - 53k -

37. [relasimania] Seminar Nasional "Pemanfaatan Teknologi Informasi ...

Finnet) >Dr.Ir.Husein Sastramihardja, M.T. *) (Praktisi Teknologi Informasi ITB) Dalam acara ini juga akan diadakan peluncuran portal UKM oleh Sampoerna ...
www.mail-archive.com/relasimania@yahoogroups.com/msg01159.html - 7k

38. Bisnis Indonesia Web

Ekonomi Thailand pada triwulan IV tumbuh pada level terendah hampir dalam dua tahun terakhir. 06/03/2007 10:34WIB. Iran diberi waktu 60 hari stop pengayaan ...
www.bisnis.com/pls/portal30/url/page/bisnis_indonesia_web - 62k - 5 Mar 2007

39. Unit Kesenian Minangkabau - Profil UKM

Hendra Bahar (TI '76) 4. Rinna Novita M. Z. (FA '76) ... Pada saat ini UKM ITB berkedudukan di Aula Timur ITB, namun dalam waktu dekat sesuai dengan ...
ukm.unit.itb.ac.id/index.php?option=com_content&task=view&id=1&Itemid=2 - 18k –

40. indonesia go open source kementerian riset dan teknologi republik ...

Tumbuhnya kesadaran untuk meraih kemandirian dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology-ICT), ...
www.igos.web.id/kegiatan/open_house/open_house.html - 37k

41.January 28, 2007 Perum Sarana, Sarana Menuju Sukses... BERITA ...

JAKARTA -- BUMN yang mengandalkan teknologi informasi (TI) dalam operasionalnya ... badan usaha kepada Kadin karena dinilai sangat mem-beratkan pelaku UKM. ...
members.bumn-ri.com/sarana/news.html - 14k

42. ICT Watch (roadshow)

Beberapa kendala perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia ... UKM yang telah menggunakan e-mail untuk melakukan kontak pertama dalam ...
ictwatch.com/roadshow/index.htm - 20k

Komoditas Dihindari, Layanan Didekati - Kamis, 21 Desember 2006

Tantangan dari UKM adalah tidak mempunyai TI, modal terbatas, dan memerlukan satu solusi untuk diterapkan dalam waktu yang cepat," ujar Betti. ...
www.kompas.com/kompas-cetak/0612/21/tekno/3189631.htm - 43k

Ekspor Sektor UKM Makin Terseok-seok

Tidak ada pendampingan lebih lanjut kepada UKM,” tukas Firman. Keterbatasan dalam penguasaan teknologi informasi (TI) ikut menjadi faktor yang merintangi ...
www.sinarharapan.co.id/ekonomi/usaha/2003/1206/ukm1.html - 30k

IBM Tawarkan Jasa Baru buat UKM

Industri UKM terlihat nyata menjadi salah satu faktor pendukung utama dalam perkembangan ekonomi di Indonesia, sehingga membutuhkan solusi yang ...
www.sinarharapan.co.id/ekonomi/promarketing/2004/1009/prom4.html - 21k -

Universitas Gunadarma

Pengisian Web meliputi pemanfaatan fitur-fitur portal UKM yang telah disiapkan oleh Tim ... pemanfaatan teknologi informasi dalam pengembangan usaha kecil. ...
www.gunadarma.ac.id/main2.php?fd=news&m=ce_id9 - 21k

SDA Asia Online :: Indonesia

Organisasi-organisasi terus berinvestasi dalam teknologi dan akan terjadi sebuah perpindahan tetap dalam manajemen. Pengguna-pengguna TI terus mengawasi ROI ...
www.sda-indo.com/sda/article/psecom,id,143,_page,2,nodeid,1,_language,Indonesia.html - 31k

UKM Sebagai Penggerak Ekonomi

Contohnya, karakter UMKM masih ada yang buruk dalam memandang pengembalian ... Selain itu juga, perlu adanya dukungan teknologi informasi (TI) yang memadai. ...
www.pikiran-rakyat.com/cetak/2006/112006/06/11lapsus01.htm - 24k

Sekilas Daerah - Harian Umum Pikiran Rakyat - Edisi Online

TASIKMALAYA - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tasikmalaya, Rabu (10/1) menjajaki penggunaan teknologi informasi (TI) dalam proses perhitungan suara ...
www.pikiran-rakyat.com/cetak/2007/012007/11/99sekilasdaerah.htm - 23k

Yayan Sopyan's Official Website - Halusinasi Sistem Informasi (Pemilu)

E-Learning. E-Commerce. E-Govt. Internet untuk UKM ... TI dalam sistem informasi KPU tidak punya andil besar dalam Pemilu 2004. ...
www.yayan.com/artikel/cyber_culture/halusinasi_sistem_informasi_pemilu.html - 25k -

PePP Website: 'TI Untuk UKM Butuh Infrastruktur yang Tepat'

Penggunaan teknologi informasi di Indonesia oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ... dalam negeri dan luar negeri untuk memperlancar penggunaan TI bagi UKM. ...
ict4pr.bappenas.go.id/sections/pepp/news/ti-untuk-ukm-butuh

Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 ...

Dalam hal usaha kecil dan menengah (UKM), pada umumnya keterampilan yang dimiliki pengusaha ... UKM perlu menggunakan strategi pengelolaan pengetahuan untuk ...
www.ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2006/09/bse-kmitb.pdf -

Keamanan Sistem Informasi untuk Perusahaan Kecil dan Menengah

Pasar untuk Penyediaan BDS Komersil bagi Usaha Kecil dan Menengah ... Dengan menggunakan PC milik perusahaan. difasilitasi untuk menulis dan mengedit ...
bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/MTI-Keamanan-Sistem-Informasi/2005/106/106-5-tabloidx.pdf –

Bob Julius Onggo : Strategic Thinking

7 Cara Membuat UKM Kecil terlihat BESAR. Internet memungkinkan perusahaan kecil terlihat besar dan perusahaan besar terlihat kecil, bahkan apabila Anda ...
bjoconsulting.blogs.com/bjo/strategic_thinking/index.html - 123k

Asia Highlights - eBizzAsia Januari-Februari 2006

Belum lama ini pemerintah Filipina mengungkapkan sebuah cetak biru ICT berisi ... penggunaan ICT di kalangan perusahaan mikro, kecil dan menengah (UKM). ...
www.ebizzasia.com/0432-2006/asia,0432.htm

Kementerian Negara Riset dan Teknologi ::.

Pasalnya, jelas dia, tingkat kredit macet sektor UKM dalam mengembalikan hutang ... guna memfasilitasi unit-unit UKM mengakses TI pihaknya mendirikan warung ...
www.ristek.go.id/index.php?mod=News&conf=v&id=435 - 48k

Kementerian Negara Riset dan Teknologi ::.

TATP Setujui 136 Proposal Proyek TI UKM. Senin,04 Februari 2002 10:01 ... Program bantuan TATP merupakan salah satu inisiatif Bank Dunia dalam membantu ...
www.ristek.go.id/index.php?mod=News&conf=v&id=103 - 38k

TI dan Produktivitas UKM « aufklärung

Kehadiran UKM dalam lima tahun terakhir terbukti banyak memberikan ... Sekalipun UKM di Indonesia sekarang punya keinginan kuat memanfaatkan TI untuk ...
aufklarung.wordpress.com/2004/07/08/ti-dan-produktivitas-ukm-2/ - 22k

Digital & Business Management « aufklärung

Sebagai pengendali lalu lintas data dan informasi perusahaan, tim TI juga memikul ... Kehadiran UKM dalam lima tahun terakhir terbukti banyak memberikan ...
aufklarung.wordpress.com/tag/topics/digital-business-management/ - 23k

lkhtnet | LKHT-FHUI

Bukankah mungkin melibatkan UKM dalam e-business hanya sekedar alasan populis untuk ... Semoga dalam menyikapi isu Teknologi Informasi—dengan sikap berani ...
www.lkht.net/artikel_lengkap.php?id=21 - 19k

ANTARA News :: Telaah -- "Road Map" Kebijakan Ekonomi Pro-UKM

Telaah -- "Road Map" Kebijakan Ekonomi Pro-UKM, Koperasi dan Pasar ... serta kompetensi dalam memanfaatkan teknologi informasi dalam mendukung operasi ...
www.antara.co.id/arc/2007/2/9/telaah__road_map_kebijakan_ekonomi_pro_ukm_koperasi_dan_pasar/ - 20k

Teknologi Informasi

CD-SMEs Kadin Indonesia dalam UKM Indonesia Exhibition CD-SMEs Kadin Indonesia (06/07/2004), PT. UKM Indonesia bekerja sama dengan Kadin Indonesia menggelar ...
www.sme-center.com/sme/berita/?Berita=040607122109&Kategori=8 - 24k

Teknologi Informasi

"TI diambil dari majalah ebizzasia Volume I Nomor 08 - Juni 2003 ... CD-SMEs Kadin Indonesia dalam UKM Indonesia Exhibition ...
www.sme-center.com/sme/berita/?Berita=042801075805&Kategori=8 - 30k

Menunggu Super Kaya Melirik UKM TI? • #direktif

Jika kita memang tertinggal lagi di sektor TI , di bagian mana? ... Kelemahan lain UKM IT adalah dalam mempersiapkan rencana bisnis yang bisa menarik ...
direktif.web.id/arc/2006/10/super-kaya –

Inkubator Bisnis di Polman” • #direktif

Inkubator di Polman menjadi mediator bagian-bagian di dalam perguruan tinggi ... Ironisnya perjalan UKM kita saya tidak melihat seperti bayi di atas yang ...
direktif.web.id/arc/2006/12/inkubator

UPPTI - UB

Ikut membantu Industri Kecil Menengah dan Usaha Kecil Menengah (IKM/UKM) dalam peningkatan kualitas usaha dengan pemanfaatan TI. ...
uppti.brawijaya.ac.id/ct.php?lang=id&load=01&set=renstra - 25k

ukm_header

Sistim pelayanan UKM/IKM akan didukung oleh aparat kantor-kantor kecamatan ... Pentingnya memanfaatkan teknologi informasi dalam mendukung keberhasilan ...
ukm.pempropsu.go.id/new/about.php - 19k –

Welcome to eBizzAsia magazine

Berapa banyak perusahaan yang telah menerapkan TI dan eBusiness? Bagaimana dengan UKM? Bagaimana peran TI dalam pengembangan usaha di Indonesia? ...
www.ebizzasia.com/0107-2003/q&a,0107.htm - 34k –

Welcome to eBizzAsia magazine

Keuangan tetap menjadi bagian yang paling tinggi dalam penerapan TI dalam suatu ... Berkaitan dengan penggunaan Internet oleh kalangan UKM, ada peningkatan ...
www.ebizzasia.com/0103-2002/asia,0103.htm - 20k –

warung informasi teknologi warintek

Peningkatan kemajuan sumberdaya manusia dalam teknologi informasi di daerah. ... Terciptanya UKM baru dan pengembangan UKM yang ada berdasarkan interaksi ...
www.warintek.ristek.go.id/profil.htm - 24k -

Digital Kreasi - IT Solution Provider

Saya sampai saat ini, sebagai praktisi dibidang Teknologi Informasi kami terus menantikan mitra yang dapat bekerjasama dalam mengkoordinir UKM yang bergerak ...
www.dk.co.id/new/index.php?id=29&page=PaperDetil - 43k –

Tentang CD-SMEs Kadin Indonesia

Dalam pelaksanaan pemberdayaan dan pengembangan UKM di Indonesia, ... Balikpapan dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam bentuk internet dengan portal ...
www.cdsmes.or.id/pendahuluan.html - 20k

Departemen Dalam Negeri - Republik Indonesia

Pemda Bandung dinilai lebih siap membiayai pusat teknologi informasi UKM yang ... Dalam jangka panjang, pusat teknologi informasi ini juga akan menjadi ...
www.depdagri.go.id/konten.php?nama=Berita&op=detail_berita&id=152 - 62k

Tentang Sajadah.Net

Menjembatani UKM dan Koperasi dalam memperluas pasar melalui peningkatan pemanfaatan teknologi informasi internet. Menyokong dan Memperkokoh fundamental
www.sajadah.net/about.php - 14k -

Mengenal E-Commerce

berbagai keuntungan dari aplikasi TI oleh kalangan UKM. Dibandingkan tahun sebelumnya, ada peningkatan dalam persentase responden yang ...
nofieiman.com/repository/mengenal-e-commerce.pdf

IntikaMedia.Com ::. News & Articles ::.

Menurut Bido A.Budiman dari ifc.org, penggunaan internet sebagai media teknologi informasi dalam menunjang UKM bisa dijabarkan menjadi beberapa poin seperti ...
www.intikamedia.com/details_artikel.php?roel=4b18c2c8d61c3803dedde90fca3d2074&idartikel=17 - 16k

Bagian Universitas - Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Hal ini menjadikan beberapa mahasiswa yang tergabung dalam UKM ini sering dipercaya ... Soeharto (1996/TS); Heri Hermawan (1996/TI); Ong Wei Lina (1998/TI) ...
www.uajy.ac.id/ukm_2_2.asp - 13k

Situs Resmi Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan ...

Layak itu berarti UKM yang inovatif dan usahanya berdampak besar bagi perkembangan Teknologi Informasi nasional atau mengurangi impor software dalam negeri, ...
www.menkokesra.go.id/content/view/2776/39/ - 30k

Swa.co.id > Swa Majalah > Tren & Analisis Peristiwa

Kehadiran UKM dalam lima tahun terakhir terbukti banyak memberikan kontribusi ... dengan sebenarnya titik persoalan produktivitas yang dikaitkan dengan TI. ...
swa.co.id/swamajalah/tren/details.php?cid=1&id=647 - 74k –

Swa.co.id > Swa digital > Manajemen TI

... Business One yang merupakan solusi SAP untuk UKM guna meningkatkan efisiensi dan ... Dalam suasana euforia TI dewasa ini, memang tidak salah jika banyak ...
www.swa.co.id/primer/swadigital/manajementi/index.php - 76k - 6 Mar 2007

PT Metrodata Electronics, Tbk.

UKM dituntut untuk tetap tumbuh dan bertahan dalam berbagai kondisi ekonomi. Penerapan teknologi TI dan jaringan data menjadi salah satu alternatif pilihan ...
www.metrodata.co.id/news/shownews.asp?id=483&cat=1 - 47k

PT Metrodata Electronics, Tbk.

Hal ini pasti sangat terasa dibidang TI. METRODATA Solution Day menawarkan kesempatan kepada para pengguna, pelaku bisnis dan profesional TI untuk dalam ...
www.metrodata.co.id/news/shownews.asp?id=395&cat=1 - 50k

Warintek Perpustakaan Unibraw Malang

Peningkatan kemajuan sumberdaya manusia dalam teknologi informasi di daerah. ... teknologi informasi untuk tujuan pendidikan dan pengembangan UKM. ...
digilib.brawijaya.ac.id/virtual_library/mlg_warintek/warintek.htm - 16k –

Website :: Radio Republik Indonesia

Layak itu berarti UKM yang inovatif dan usahanya berdampak besar bagi perkembangan teknologi informasi nasional atau mengurangi impor software dalam negeri, ...
www.rri-online.com/modules.php?name=Artikel&sid=25149 - 87k

Tulisan Mengenai Penanggulangan Korupsi

Teknologi Informasi dalam Penciptaan Masyarakat Indonesia yang Transparan ... dengan investasi yang tidak terlalu besar (Usaha Kecil Menengah) dapat memulai ...
www.transparansi.or.id/artikel/artikel_pk/artikel_06.html - 53k -

[relasimania] Seminar Nasional "Pemanfaatan Teknologi Informasi ...

Finnet) >Dr.Ir.Husein Sastramihardja, M.T. *) (Praktisi Teknologi Informasi ITB) Dalam acara ini juga akan diadakan peluncuran portal UKM oleh Sampoerna ...
www.mail-archive.com/relasimania@yahoogroups.com/msg01159.html - 7k

Bisnis Indonesia Web

Ekonomi Thailand pada triwulan IV tumbuh pada level terendah hampir dalam dua tahun terakhir. 06/03/2007 10:34WIB. Iran diberi waktu 60 hari stop pengayaan ...
www.bisnis.com/pls/portal30/url/page/bisnis_indonesia_web - 62k - 5 Mar 2007

indonesia go open source kementerian riset dan teknologi republik ...

Tumbuhnya kesadaran untuk meraih kemandirian dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (information and communication technology-ICT), ...
www.igos.web.id/kegiatan/open_house/open_house.html - 37k

January 28, 2007 Perum Sarana, Sarana Menuju Sukses... BERITA ...

JAKARTA -- BUMN yang mengandalkan teknologi informasi (TI) dalam operasionalnya ... badan usaha kepada Kadin karena dinilai sangat mem-beratkan pelaku UKM. ...
members.bumn-ri.com/sarana/news.html - 14k

ICT Watch (roadshow)

Beberapa kendala perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia ... UKM yang telah menggunakan e-mail untuk melakukan kontak pertama dalam ...
ictwatch.com/roadshow/index.htm - 20k

Komoditas Dihindari, Layanan Didekati - Kamis, 21 Desember 2006

Tantangan dari UKM adalah tidak mempunyai TI, modal terbatas, dan memerlukan satu solusi untuk diterapkan dalam waktu yang cepat," ujar Betti. ...
www.kompas.com/kompas-cetak/0612/21/tekno/3189631.htm - 43k

Ekspor Sektor UKM Makin Terseok-seok

Tidak ada pendampingan lebih lanjut kepada UKM,” tukas Firman. Keterbatasan dalam penguasaan teknologi informasi (TI) ikut menjadi faktor yang merintangi ...
www.sinarharapan.co.id/ekonomi/usaha/2003/1206/ukm1.html - 30k

IBM Tawarkan Jasa Baru buat UKM

Industri UKM terlihat nyata menjadi salah satu faktor pendukung utama dalam perkembangan ekonomi di Indonesia, sehingga membutuhkan solusi yang ...
www.sinarharapan.co.id/ekonomi/promarketing/2004/1009/prom4.html - 21k -

Universitas Gunadarma

Pengisian Web meliputi pemanfaatan fitur-fitur portal UKM yang telah disiapkan oleh Tim ... pemanfaatan teknologi informasi dalam pengembangan usaha kecil. ...
www.gunadarma.ac.id/main2.php?fd=news&m=ce_id9 - 21k

SDA Asia Online :: Indonesia

Organisasi-organisasi terus berinvestasi dalam teknologi dan akan terjadi sebuah perpindahan tetap dalam manajemen. Pengguna-pengguna TI terus mengawasi ROI ...
www.sda-indo.com/sda/article/psecom,id,143,_page,2,nodeid,1,_language,Indonesia.html - 31k –

UKM Sebagai Penggerak Ekonomi

Contohnya, karakter UMKM masih ada yang buruk dalam memandang pengembalian ... Selain itu juga, perlu adanya dukungan teknologi informasi (TI) yang memadai. ...
www.pikiran-rakyat.com/cetak/2006/112006/06/11lapsus01.htm - 24k

Sekilas Daerah - Harian Umum Pikiran Rakyat - Edisi Online

TASIKMALAYA - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tasikmalaya, Rabu (10/1) menjajaki penggunaan teknologi informasi (TI) dalam proses perhitungan suara ...
www.pikiran-rakyat.com/cetak/2007/012007/11/99sekilasdaerah.htm - 23k

Yayan Sopyan's Official Website - Halusinasi Sistem Informasi (Pemilu)

E-Learning. E-Commerce. E-Govt. Internet untuk UKM ... TI dalam sistem informasi KPU tidak punya andil besar dalam Pemilu 2004. ...
www.yayan.com/artikel/cyber_culture/halusinasi_sistem_informasi_pemilu.html - 25k -

PePP Website: 'TI Untuk UKM Butuh Infrastruktur yang Tepat'

Penggunaan teknologi informasi di Indonesia oleh Usaha Kecil dan Menengah (UKM) ... dalam negeri dan luar negeri untuk memperlancar penggunaan TI bagi UKM. ...
ict4pr.bappenas.go.id/sections/pepp/news/ti-untuk-ukm-butuh –

Komunitas eLearning IlmuKomputer.Com Copyright © 2003-2006 ...

Dalam hal usaha kecil dan menengah (UKM), pada umumnya keterampilan yang dimiliki pengusaha ... UKM perlu menggunakan strategi pengelolaan pengetahuan untuk ...
www.ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2006/09/bse-kmitb.pdf -

Keamanan Sistem Informasi untuk Perusahaan Kecil dan Menengah

Pasar untuk Penyediaan BDS Komersil bagi Usaha Kecil dan Menengah ... Dengan menggunakan PC milik perusahaan. difasilitasi untuk menulis dan mengedit ...
bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/MTI-Keamanan-Sistem-Informasi/2005/106/106-5-tabloidx.pdf â


[PDF]

Cover Baru IV-2001

Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat
dan perusahaan lain untuk melakukan akuisisi dalam rangka meningkatkan daya saing. Sebelumnya, pada awal bulan Maret 2002, pemerintah telah menjual obligasi ...
www.bi.go.id/NR/rdonlyres/37BCBECF-4577-4B97-B417-A58C8560364D/938/PEKKII2002.pdf -

PERKEMBANGAN EKONOMI KEUANGAN DAN KERJA SAMA INTERNASIONAL ...

Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat
ke rumah tangga dan perusahaan. skala menengah kecil. ... Penurunan daya saing tersebut telah mendorong ekspor Rusia selama periode tersebut. menurun 4,7%. ...
www.bi.go.id/NR/rdonlyres/5C8DAD8E-DA2F-43C3-B780-90028A58777F/939/PEKKIII2002.pdf -

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Sumatera Selatan 2005 - 2008

Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat
harus diganti dengan upaya untuk meningkatkan kemandirian dan daya saing ... Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah serta Sektor Informal ...
www.bappedasumsel.go.id/publikasi/Copy%20of%20rpjm/rpjm.pdf -

International PHP Magazine - Cutting-Edge Technologies for Web ...

Dell Tawarkan Storage Untuk Perusahaan Kecil dan Menengah ... 80-inti tunggal dengan menggunakan daya kurang dari yang digunakan perangkat rumah masa kini. ...
www.php-mag.net/itr/show.php3?id=111&nodeid=111&p=0 - 977k -

BAB I PENDAHULUAN

Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat
metrologi legal nasional untuk mendukung daya saing industri, dan ... jaringan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Adapun sasaran tahun 2025 ...
www.deptan.go.id/berita/12-2006/DRN-2.pdf -

NOTA KEUANGAN

Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat
pengembangan usaha kecil dan menengah. (UKM) juga diharapkan akan dapat ... untuk: (i) mendorong peningkatan efisiensi dan daya saing industri dalam negeri; ...
www.djapk.depkeu.go.id/artikel/06-08-23,%20nk%20&%20rapbn%202007.pdf -

ge6543tug1

Usaha akan dijalankan untuk memperbaiki dan memperluaskan pendidikan ICT melalui ... akan membekalkan sekolah-sekolah rendah dan menengah dengan kemudahan ...
asnizamusa.tripod.com/ge6543tug1.html - 90k -

Teknologi Informasi Edy - Aspek-aspek internal manajemen yang ...

Kedua untuk meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan, karena para kompetitor ... Prev: Strategi perusahaan kecil dan menengah ( UKM ) menggunakan ICT ...
edyp13.multiply.com/journal/item/8 - 83k - Hasil Tambahan -

Kilasan Agregator

Perusahaan-perusahaan multinasional sering datang dengan strategi yang sudah ... Maka untuk meningkatkan daya saing nasional dibutuhkan PT yang dapat ...
agregator.kilasan.com/index.php?more=2 - 977k -

[PDF]

Untitled

Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat
utama skim ini adalah untuk membantu perusahaan kecil dan sederhana ... berasaskan getah untuk meningkat daya saing dan daya untung; menggalakkan ...
www.audit.gov.my/LA%20BBP%202005separator.pdf -

[PDF]

BADAN PEMERIKSA KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA HASIL PEMERIKSAAN ...

Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat
untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja Program Pendidikan Menengah. Dan Tinggi. ... Tinggi Sebesar Rp21.540.000,00 dilaksanakan oleh perusahaan yang ...
www.bpk.go.id/doc/hapsem/2005ii/apbd/009.pdf -

Pemerintah Propinsi DI.Yogyakarta - Pemerintah Propinsi DI.Yogyakarta

Badan Informasi Daerah Kepatihan - Dua perusahaan ternama di negera Jepang yang ... Bahkan pendirian Pusat Informasi Bisnis dan Teknologi untuk UKM, ...
www.pemda-diy.go.id/berita/topics.php?op=viewtopic&topic=1 -

Uncategorized « Republic of Shah Alam

Untuk terlibat di dalam bidang ICT, kita tidak boleh menjadi pengikut tetapi ... Apakah strategi dan faktor motivasi yang menguatkan semangat tuan dalam ...
3oh7.wordpress.com/tag/uncategorized/ - 762k -

Suara PRM

Tidak menjadi kesalahan bagi masyarakat Melayu untuk meningkatkan daya saing supaya bangsa Malaysia dan masyarakat Melayu dijadikan satu bangsa yang ...
suaraprm.blogspot.com/ - 603k -

Perpustakaan UPM # Buku Pelawat

Tolong terangkan kelemahan dan faedah menggunakan perpustakaan maya sebagai sumber untuk ... sekolah S2 dengan program beasiswa dari perusahaan Malaysia ? ...
www.lib.upm.edu.my/reen/2002.html - 635k -

Detail Find Similar | Add To Favorites | Detail in New Window ...

Detail, Find Similar | Add To Favorites | Detail in New Window, Return to search result. Stock: 5 Detail. File Digital: 0 ...
www.digilib.ui.ac.id/opac/themes/ng/detail.jsp?id=8&lokasi=12 - 3k -

IlmuKomputer.Com

Peningkatan pembangunan ekonomi untuk meningkatkan daya saing IMKM tergantung ... Dalam hal usaha kecil dan menengah (UKM), pada umumnya keterampilan yang ...
ilmukomputer.com/author/setiarso/feed/ - 35k -
[PDF]

PENGELOLAAN PENGETAHUAN (KNOWLEDGE-MANAGEMENT ) dan MODAL ...

Jenis Berkas: PDF/Adobe Acrobat - Versi HTML
STRATEGI KM UNTUK MENINGKAT. DAYA SAING UKM. UKM perlu menggunakan strategi ... untuk. meningkatkan. kinerja. perusahaan perlu dibentuk dan dibuat sistem ...
rachdian.com/component/option,com_docman/task,doc_view/gid,55/Itemid,58/ -